Kunci Jawaban Soal Bahasa Indonesia Halaman 14-16

Selamat malam :) Hari ini saya akan membagikan postingan tentang Kunci Jawaban Soal Bahasa Indonesia Halaman 14-16, saya tahu.. Hal ini pasti ketinggalan jaman. Seharusnya saya posting pada awal pembelajaran. Mohon maaf karena saya baru memiliki waktu luang sehingga saya baru dapat menyelesaikannya.

terima kasih untuk Anda yang masih setia hadir di blog pribadi saya ini :))

Huftt hari ini di tengah kegalauan saya, saya sedang menunggu pesan line dari seseorang yang tak kunjung datang. Entah apa artinya ini. Ketika saya berusaha untuk menjaga komunikasi yang saya miliki justru saya memiliki banyak sekali masalah dalam kehidupan saya.. Hmm.. Sebenarnya saya juga bingung. Haduh kok malah curhat hehe :'') Oke langsung saja :D



Mari disimak..


Struktur Teks
Kalimat dalam Teks
Orientasi
1. Hari Buruh, yang dikenal juga dengan sebutan May
Day, dirayakan setiap 1 Mei. Di beberapa negara,
Hari Buruh dijadikan hari libur tahunan, yang
berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk
merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para
buruh. Hari Buruh ini lahir dari rentetan perjuangan
kelas pekerja. Pada 1886, terjadi demonstrasi kaum
buruh Amerika Serikat yang menuntut pemberlakuan
delapan jam kerja. Federation of Organized Trades
and Labor Unions akhirnya menetapkan 1 Mei
sebagai Hari Buruh yang diperingati oleh kaum
buruh seluruh dunia. Penetapan ini dilakukan
untuk memperingati momen tuntutan delapan jam
kerja sehari dan juga memberikan semangat baru
perjuangan kelas pekerja yang mencapai titik masif
di era tersebut.
Urutan Peristiwa Sejarah Tahap 1
2. Tuntutan kaum buruh ini bermula sejak era industri di
awal abad ke-19. Perkembangan kapitalisme industri
menandakan perubahan drastis ekonomi-politik,
terutama di negara kapitalis Barat. Di Amerika Serikat
misalnya, pengetatan disiplin dan pengintensifan jam
kerja, minimnya upah, dan buruknya kondisi kerja
di tingkatan pabrik menuai amarah dan perlawan
dari kalangan kelas pekerja. Pemogokan pertama
kelas pekerja Amerika Serikat terjadi pada 1806
oleh pekerja cordwainers. Pemogokan ini membawa
para pengorganisasinya ke meja pengadilan dan
juga mengangkat fakta bahwa kelas pekerja di era
tersebut bekerja 19 hingga 20 jam sehari. Sejak
saat itu, perjuangan untuk menuntut direduksinya
jam kerja menjadi agenda bersama kelas pekerja di
Amerika Serikat
Urutan Peristiwa Sejarah Tahap 2
3. Demonstrasi besar yang berlangsung sejak April
1886, dari waktu ke waktu pendukungnya semakin
banyak. Demonstrasi menjalar ke berbagai kota,
seperti Chicago, New York, Detroit, Louisville, dan
Baltimore. Demonstrasi ini mempersatukan buruh
berkulit putih dan hitam. Sampai pada 1 Mei 1886,
demonstrasi yang menjalar dari Maine ke Texas dan
dari New Jersey ke Alabama diikuti oleh setengah
juta buruh di negeri tersebut.
Urutan Peristiwa Sejarah Tahap 3
4. Perkembangan ini memancing reaksi dari kalangan
pengusaha dan pejabat pemerintahan setempat saat
itu. Melalui Chicago’s Commercial Club, dikeluarkan
dana sekitar US$2.000 untuk membeli peralatan
senjata mesin guna menghadapi demonstrasi.
Demonstrasi damai menuntut pengurangan jam
kerja itu pun berakhir dengan korban dan kerusuhan.
Sekitar 180 polisi menghadang demonstrasi dan
memerintahkan agar demonstran membubarkan diri.
Urutan Peristiwa Sejarah Tahap 4
5. Sebuah bom meledak di dekat barisan polisi.
Polisi pun membabi-buta menembaki buruh yang
berdemonstrasi. Akibatnya korban pun jatuh dari
pihak buruh pada 3 Mei 1886, empat orang buruh
tewas dan puluhan lainnya terluka. Dengan tuduhan
terlibat dalam pengeboman, delapan orang aktivis
buruh ditangkap dan dipenjarakan. Akibat dari
tindakan ini, polisi menerapkan pelarangan terhadap
setiap demonstrasi buruh. Namun, kaum buruh tidak
begitu saja menyerah. Pada 1888 mereka kembali melakukan aksi dengan
tuntutan yang sama. Selain itu, mereka juga
memutuskan untuk kembali melakukan demonstrasi
pada 1 Mei 1890
Urutan Peristiwa Sejarah Tahap 5
6. Rangkaian demonstrasi yang terjadi pada saat itu,
tidak hanya terjadi di Amerika Serikat. Bahkan
menurut Rosa Luxemburg (1894), demonstrasi yang
menuntut pengurangan jam kerja tersebut sebenarnya
diinspirasikan oleh demonstrasi serupa yang terjadi
sebelumnya di Australia pada tahun 1856. Tuntutan
pengurangan jam kerja juga singgah di Eropa. Saat
itu, gerakan buruh di Eropa tengah menguat. Tentu
saja, fenomena ini semakin mengentalkan kesatuan
dalam gerakan buruh sedunia dalam satu perjuangan.
Urutan Peristiwa Sejarah Tahap 6
7. Peristiwa monumental yang menjadi puncak
dari persatuan gerakan buruh dunia adalah
penyelenggaraan Kongres Buruh Internasional
tahun 1889. Kongres yang dihadiri ratusan delegasi
dari berbagai negeri dan memutuskan delapan jam
kerja per hari menjadi tuntutan utama kaum buruh
seluruh dunia. Selain itu, kongres juga menyambut
usulan delegasi buruh dari Amerika Serikat yang
menyerukan pemogokan umum 1 Mei 1890 guna
menuntut pengurangan jam kerja dengan menjadikan
tanggal 1 Mei sebagai Hari Buruh se-Dunia.
Reorientasi
8. Delapan jam/hari atau 40 jam/minggu (lima hari
kerja) telah ditetapkan menjadi standar perburuhan
internasional oleh ILO melalui Konvensi ILO
No. 01 tahun 1919 dan Konvensi No. 47 tahun
1935. Ditetapkannya konvensi tersebut merupakan
suatu pengakuan internasional yang secara tidak
langsung merupakan buah dari perjuangan kaum
buruh sedunia untuk mendapatkan pekerjaan yang
layak. Penetapan 8 jam kerja per hari sebagai salah
satu ketentuan pokok dalam hubungan industrial
perburuhan adalah penanda berakhirnya bentuk
kerja paksa dan perbudakan yang bersembunyi di
balik hubungan industrial.

Saya mohon maaf bila ada kurang maupun salah kata. Sejatinya saya hanya ingin berbagi, dan apa yang telah saya bagikan ini sebelumnya telah di koreksi atau di periksa oleh guru pembimbing saya. Mohon pengertiannya untuk menjadi pembaca serta kometator yang cerdas yaa :)) Saya menghindari promosi iklan dalam semua postingan saya dan juga kata-kata kotor yang tidak layak untuk di ucapkan. Saya yakin, yang membaca blog saya adalah orang-orang terpelajar dan saya harap Anda dapat memberikan komentar yang bermanfaat :))




Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kunci Jawaban Soal Bahasa Indonesia Halaman 14-16"

Post a Comment

Harap Komentar Dengan Sopan dan Tidak Mengandung SARA atau SPAM
Untuk pasang Iklan contact stefanikristina@gmail.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel