Kunci Jawaban PKN Halaman 83-84

Selamat pagi.. Selamat beraktifitas dan selamat menempuh Ujian Tengah Semester Ganjil bagi beberapa sekolah yang tengah melaksanakan Ujian pada pagi hari ini :)


Kembali lagi dengan saya, penulis blog freelance ini akan membagikan Kunci Jawaban PKN Halaman 83-84 sesuai dengan jadwal yang telah di jadwalkan. Hari ini saya tidak akan terlalu banyak memposting karena ada beberapa kesibukan, mohon maklum.



Untuk Anda yang akan atau tengah mempersiapkan materi UTS Bahasa Indonesia, Anda dapat membacanya di Materi UTS Bahasa Indonesia

Untuk Anda yang ingin meninggalkan koementar, saya harap Anda dapat berkomentar dengan sopan dan baik. Saya percaya bahwa Anda adalah pelajar atau pembaca yang memiliki aklak mulia dan berwawasan luas, jadi saya harp Anda menjaga tata bahasa Anda :)

Terima kasih telah berkunjung, langsung saja mari kita bahas pada halaman 83-84 kali ini..

No.
Jenis Kekuasaan Politik
Peran
Contoh Organisasi
1.
Partai Politik
Peran partai politik di Indonesia adalah untuk menyalurkan ikatan-ikatan terbatas atau primodial suatu masyarakat yang terbagi dari beberapa golongan seperti rasa, suku, agama, bahasa, dan lain sebagainya yang berbeda dalam satu wadah hingga menjadi satu pikiran, satu tujuan, dan satu visi serta misi.
Contoh organisasi partai politik di Indonesia ada PDIP, Hanura, Demokrat,dll.

2.
Kelompok Penekan
Peran kelompok penekan di Indonesia adalah untuk memberikan fasilitas kepada masyarakat atau suatu kelompok tertentu dalam suatu kegiatan dimana tekanan tersebut diberikan oleh pihak penguasa agar apa yang menjadi keinginannya dapat diakomodasikan oleh pemegang kekuasaan.
Contoh organisasi kelompok penekan yang ada di Indonesia adalah Lembaga swadaya masyarakat peduli lingkungan, Lembaga Swadaya Masyarakat Peduli Korban Bencana Alam, dll.
3.
Kelompok Kepentingan
Peran Kelompok Kepentingan di Indonesia adalah untuk menampung setiap pendapat atau masukan dari suatu kelompok dimana mereka yang berkumpul memiliki satu tujuan, satu kepentingan, dan satu keinginann yang dimana mereka mengadakan perkumpulan tersebut karena adanya dorongan-dorongan untuk mewujudkan keinginan atau kepentingan mereka.
Contoh organisasi kelompok kepentingan di Indonesia, Sanggar Seni Musik Tradisional Surabaya, Persekutuan Mahasiswa Kristen-Protestan, dan lain sebagainya.
4.
Media Komunikasi Politik
Peran dari Meria Komunikasi Politik di Indonesia adalah untuk membagikan atau menerima informasi dari atau ke masyarakat. Kini dengan kemajuan teknologi di jaman yang serba “internet” atau “smartphone” Anda tidak lagi perlu menerima komunikasi dari satu individu ke individu lainnya. Kini informasi apapun dapat di akses dengan mudah dan juga cepat karena adanya jaringan internet.
Contoh organisasi Media Komunikasi Politik di Indonesia adalah Media Massa, Pers, Pemilu, dll

Jawaban ini dapat Anda koreksi terlebih dahulu sebelum menyalinnya. Saya harap Anda dapat menjadi pembaca yang cerdas, tidak hanya pintar namun juga cerdas.

Baca juga : Misteri Perawan