Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 31 - 32

Selamat malam, hari ini saya akan memposting mengenai ASEAN. Hari ini setelah saya memposting beberapa materi UTS Semester Ganjil, kali ini saya akan memposting tentang ASEAN. Mari kita bahas :))

Baca juga : Misteri Perawan


ASEAN pada tahun pertama diwarnai oleh upaya pemantapan saling pengertian (confidence building process) antaranggotanya guna memantapkan kerja sama yang sedang ditumbuhkan. Persamaan kedudukan dalam keanggotaan merupakan salah satu prinsip dalam kerja sama tanpa mengurangi kedaulatan masing-masing negara anggota. Kerja sama regional yang dikembangkan bukan bersifat integratif, tetapi bersifat kooperatif. Musyawarah, kepentingan bersama, dan saling membantu dengan semangat ASEAN merupakan ciri kerja sama ini.

ASEAN, yang didirikan atas dasar hasrat untuk menciptakan kawasan yang damai, memiliki bendera yang melambangkan ASEAN yang stabil, penuh perdamaian, bersatu, dan dinamis. Lambang ASEAN berada di tengah bendera ASEAN dengan kombinasi empat warna, yaitu merah, biru, kuning, dan putih. Carilah makna setiap warna pada lambing ASEAN tersebut dan tuliskan jawaban kalian.


(a) Warna merah pada logo ASEAN melambangkan:
Warna merah pada logo ASEAN ini melambangkan semangat dan dinamisme negara-negara ASEAN

(b) Warna biru pada logo ASEAN melambangkan:
Warna biru pada logo ASEAN ini melambangkan keamanan dan kestabilan negara-negara kawasan ASEAN

(c) Warna kuning pada logo ASEAN melambangkan:
Warna kuning pada logo ASEAN ini melambangkan kemakmuran yang ada pada negara-negara yang ada di kawasan ASEAN.

(d) Warna putih pada logo ASEAN melambangkan:
Warna putih pada logo ASEAN menunjukkan atau melambangkan  ketulenan negara-negara kawasan ASEAN.

Bila di perhatikan dengan seksama, maka Akan terlihat lambang lain dari ASEAN

(a) Ikatan rumpun padi melambangkan:
Sepuluh batang padi atau rumpun padi yang terikat pada logo ASEAN ini dapat melambangkan sepuluh negara anggota ASEAN. hal ini melambangkan harapan para bapak pendiri ASEAN yang memimpikan ASEAN terdiri atas seluruh sepuluh negara-negara Asia Tenggara yang terikat dalam persahabatan dan solidaritas yang tinggi untuk mewujudkan negara yang aman, damai dan tentram.

(b) Lingkaran melambangkan:
Lambang Lingkaran pada logi ASEAN ini melambangkan persatuan ASEAN.

Sekian dahulu postingan dari saya kali ini. Mohon maaf bila ada salah kata dan sebagainya. Saya harap bagi Anda yang ingin berkomentar, dapat meninggalkan komentar dengan baik dan tidak mengandung hal-hal yang tidak diinginkan. Saya percaya bahwa Anda adalah pelajar yang bertanggung jawab dan memiliki moral sikap yang baik.