Pembahasan Matematika Kelas 12 Halaman 100

Selamat malam teman – teman sekalian.. Hari ini karena bĂȘte yang tak kunjung hilang dan galau yang mulai menyerang, maka disini saya akan membagikan beberapa alternative atau kunci jawaban untuk pelajaran matematika karena sedang buntu tak tahu harus melakukan apa..

find me on instagram @nifafani


Sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih untuk Anda yang telah bersedia mengunjungi blog saya. Tanpa pengunjung di blog ini mungkin saya bakal terasa sepi dan sunyi setiap harinya. Setidaknya dengan hadirnya pengunjung yang berkomentar dapat membuat saya senang karena dapat bercakap-cakap walau hanya via teks dan sejenak. Maafkan bila saya curhat :’’)

Mari langsung saja kita bahas bersama untuk kunci jawaban halaman 100..

Jika simpanan dengan bunga majemuk dibayarkan sebanyak k kali dalam setahun dengan bunga r per tahun dan modal awal P, maka dapatkah Anda menghitung besarnya saldo akhir tahun ke-n?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.

a. Berapakah bunga yang diterima pada tahun ke-n?
b. Berapakah saldo yang dimiliki pada tahun ke-n?

Jawaban :

Jika P = modal awal, r = suku bunga majemuk per tahun, n = lama simpanan dalam tahun, k = banyak pembayaran bunga dalam 1 tahun (banyak periode dalam 1 tahun), maka

a. Total bunga yang diterima pada tahun ke-n merupakan selisih saldo pada akhir periode ke-(kn) dengan saldo pada akhir periode ke-(k(n-1)).

b. Saldo yang dimiliki pada akhir tahun ke-n adalah P(1+ r/k)nk.

Baik lah sekian dahulu alternative dari saya kali ini. Terima kasih telah berkunjung dan selamat malam ((: