Artikel Tari Saman

Selamat siang, hari ini saya ingin memposting artikel tentang tari saman hehe :) Beberapa hari yang lalu saya mendapat job atau yah mungkin lebih tepatnya saya diminta untuk membantu anak dari tetangga saya untuk menulis artikel atau yah lebih bisa dikatakan membuat artikel untuk anaknya. Kebetulan artikel kali ini tentang tari saman. Jadi akan saya share pada postingan kali ini.



Artikel Tentang Tarian Saman by @NifaFani

Tari saman merupakan sebuah tarian yang memadukan antara gerakan tangan dan juga kaki. Biasanya dapat kita ketahui gerakan tarian saman adalah duduk beramai-ramai dan bertepuk tangan dan juga dada. Gerakannya cukup cepat dengan irama serta lagu yang khas dari suku asal tarian tersebut.

Tari saman adalah sebuah tarian yang berasal dari daerah Aceh, tepatnya didaerah Gayo Aceh Tenggara. Tari saman ini merupakan tarian yang berasal dari suku Gayo, dan pada umumnya dimainkan oleh suku Gayo. Menurut sejarah yang saya peroleh, tari saman ini dibawakan oleh Syekh Saman, seorang ulama besar dari Gayo, Aceh Tenggara. Pada awalnya tari saman ini digunakan untuk beberapa acara keagamaan seperti memperingati lahirnya Nabi Muhammad SAW, dan untuk sebagai media penyebaran agama Islam diwaktu itu.

Tarian saman umumnya di tarikan dengan alunan musik yang di bawakan oleh penarinya dan juga adanya gerakan kombinasi sebagai pelengkap atau ciri khas dari tarian ini yaitu menepuk tangan dan juga paha dan dada para penari. Dahulu tarian ini hanya di khusus kan untuk ditarikan oleh laki-laki dengan jumlah belasan atau puluhan dan dengan syarat harus ganjil. Namun berkembangnya zaman, tarian ini dapat ditarikan oleh siapa saja dan apa bila tarian tersebut banyak yang menarikan maka akan semakin semarak atau ramai.

Kini meski teknologi telah canggih dan adanya era globalisasi namun tidak membuat tarian saman ini punah atau pudar. Untuk melestarikan tarian ini banyak dibuat atau tarian ini tetap digunakan pada saar acara-acara di pemerintahan, acara pada sebuah festival, hingga penyambutan tamu. Di sekolah-sekolah pun kini juga diajarkan agar siswa mencintai budaya mereka dengan cara memberikan pelajaran mengenai tarian saman pada mata pelajaran seni budaya atau ekstrakulikuler seni tari. Jadi tarian saman kini tidak hanya digunakan untuk acara keagamaan namun juga telah berkembang bahkan hingga keluar negeri dengan memanfaatkan media social seperti youtube. [skp]

Baiklah sekian dahulu postingan saya kali ini. Terima kasih atas perhatiannya.