Pembahasan Soal Sejarah Indonesia Kelas 11

Pertama-tama mari kita baca buku sejarah indonesia dari pemerintah pada halaman 33 mengenai VOC ..

Nah disana kita akan menemukan soal-soal dari permasalahan yang harus kita selesaikan..
Nah dari pda terlalu lama menulis lebih baik langsung saja ..

find me on instagram @nifafani


1. Coba jelaskan posisi kepulauan Mauluku dalam perdagangan internasional pada abad ke 15 sampai abad ke 17 !

Jawaban : Secara singkatnya dapat kita jelaskan bahwa kepulauan Maluku pada masa tersebut terletak dalam posisi yang strategis . Kepulauan Mauluku juga termasuk ke dalam jalur perdagangan terbesar saat itu yaitu China- Malaka dan jalur Maluku - Malaka . Pada jalur ini ramai dengan para pedagang rempah-rempah dan pedagang beras.
Waktu itu Maluku sedang menduduki posisi strategis di kawasan yang di kenal sebagai Indonesia timur. Menjadi rebutan negara - negara asing terutama spanyol , portugis , dan Belanda . Selain itu juga memiliki perkembangan kebudayaan yang tinggi karena lalu lintas perdagangan tersebut, Secara teori pun kawasan ini terbuka lebih cepat sehingga mudah untuk di pengaruhi oleh pengaruh luar . Apa lagi saat itu boomingnya rempah-rempah di daerah tersebut sangat melimpah .oleh karena itu pulau Maluku menjadi sangat eksotif dan seksi di mata para penjelajah

NB : Di jual Novel Harga di Bawah 20K dan Novel Harga di bawah 5K

2. Mengapa VOC dikatakan negara dalam negara ? Jelaskan !

Jawaban : VOC dikatakan negara dalam negara karena Belanda memberikan hak octroi atau hak istimewa kepada VOC yang meliputi hak : Monopoli , Membuat uang , Mendirikan benteng , Melaksanakan perjanjian di Indonesia , Membentuk tentara . Jadi VOC biasa mengatur segala urusannya seperti layakannya sebuah negera.

3. J.P Coen dapat dikatakan sebagai peketak dasar penjajahan VOC di Indonesia . Coba Jelaskan !

Jawaban : J.P Coen merupakan gubernur pertama VOC yang mendirikan VOC di wilayah Hindia Belanda Sehingga kebijakan - kebijakan yang di keluarkan oleh J.P Coen banyak yang merugikan bangsa Indonesia , terutama dalam hal perdagangan dengan sistem perdagangan yang di terapkan oleh VOC di Indonesia ini membuat bangsa Indonesia semakin terouruk dan melemahkan perekonomian rakyat.

4. Tahukah kamu apa yang dimaksud pelayaran Hongi ? Bagaimana praktiknya sehingga kauntungan tetap jatuh ketangan VOC ?

Jawaban : Pelayaran Hongi adalah pelayaran bersenjata lengkap yang dilakukan VOC untuk mengawasi jalannya monopoli perdagangan . Cara praktek pelayaran Hongi adalah dengan memonopoli perdagangan atau penjualan serta memakai politik ' devide et impera ' ( politik adu domba ) antara pedagang dengan raja setempat.

5. Bagaimana penilaian kamu tentang praktik korupsi yang dilakukan pegawai VOC dan bagaimana yang terjadi di Indonesia saat ini ?

Jawaban : Pegawai VOC melakukan tindakan korupsi untuk memperkay diri mereka sehingga membuat perusahaan VOC bangkrut dan gulung tikar . Kemudian budaya tersebut terus menerus berkembang dan mengakar kuat dalam pikiran masyarakat dan pejabat negara serta membuat keuangan negara menurun drastis. Lalu bagaimana dengan Indonesia? Jika di lihat Indonesia kini tidak jauh berbeda dengan VOC dimasa lalu. Bisa dikatakan bahwa budaya korupsi yang melanda Indonesia kini merupakan peninggalan dari masa VOC sehingga sulit untuk di hindari. Kita pun tidak akan pernah tahu semua ini akan bertahan sampai kapan kondisi Indonesia seperti ini. Semua bergantung dari masyarakat Indonesia bisakah bangkit dan merubah mental indonesia sehingga dapat memperbaiki harkat dan martabat bangsa Indoensia sendiri dan dimata dunia ?

Sekain pembahasan dari saya kali ini. Mohon maaf bila mana ada salah kata maupun perbuatan.