Pengertian Mengenai Pertumbuhan Remaja

Pengertian Remaja . Pastinya kita tidak asing lagi dengan remaja. Bagaimana remaja itu dan apa saja yang mereka lakukan. Pada umumnya , remaja di bedakan emnjadi 3 kelompok, yaitu remaja awal yang biasa berusia 12 hingga 14 , remaja madya yang biasa berusia dari 15 hingga 17 tahun , dan remaja akhir yang berusia 18 hingga 24 tahun. Lalu , masa remaja umumnya merupakan masa yang identik dengan pertumbuhan. Masa ini akan di awali dengan masa puder yaitu periode pertumbuhan pesat yang manandai dimana akan berakhirnya masa anak-anak dan dimulainya kematangan fisik dan seksual . Masa ini akan di alami oleh setiap remaja dimana dalam arti , semua orang akan mengalaminya. Dalam perkembangan ini pun fungsi reproduksi dari seorang remaja pun sudah mulai bekerja sehingga sudah memungkinkan untuk menghasilkan keturunan. Secara kasat mata , kita dapat melihat bagaimana perubahan fisik remaja tersebut di samping kita dapat melihat dengan adanya perubahan berat , tinggi badan serta suara. Dengan adanya tanda dari perubahan fisik ini akan menjadi salah satu indikator dewasanya seseorang. Dewasa yang di maksud adalah dewasa yang secara fisik.
Pertumbuhan Remaja 


Kini banyak remaja yang kita ketahui sering bangga dengan bantuk tubuh atau wajahnya . Tidak jarang juga mereka akan berusaha dengan menghalalkan cara atau dengan berbagai cara untuk mempertahankan keadaan tersebut. Seperti mereka yang memiliki tubuh gemuk akan berusaha melakukan segala cara agar terlihat lebih cantik atau menarik ( untuk perempuan ) dan akan mengusahakan untuk tampil lebih ganteng atau gagah ( bagi laki-laki ) begitu juga dengan orang yang memiliki kulit hitam , kurang tampan atau cantik. Jika kita bayangkan , orang yang bertubuh gemuk , kulit yang hitam , dan kurang tampan atau cantik tersebut sebenarnya belum seberapa. Mari kita bayangkan bagaimana jika orang tersebut cacat? Atau anggota tubuhnya kurang sempurna? Setiap orang memiliki kekurangan serta kelebihan masing-masing yang telah Tuhan atur sedemikian rupa sehingga apabila ada beberapa remaja yang menganggap rendah postur tubuh atau wajah orang lain tersebut , bukanlah merupakan tindakan yang bijaksana. Tuhan kita yaitu Allah yang maha Esa bagaikan seorang seniman yang handal hingga mampu menciptakan manusia dengan ciri khasnya masing-masing serta banyak sekali jumlahnya ( tidak hanya satu saja ) . Sesuai yang ada dalam Alkitab Mazmur 103 : 14 yang mengatakan bahwa manusia merupakan ciptaan yang terbuat dari tanah. Disamping itu manusia juga merupakan embusan nafas dari sang pencipta yang mana tanpa sang pencipta maka " tanah-tanah " tersebut tidak akan pernah hidup. Kuasa yang Tuhan miliki sangat luar biasa , oleh karena itu tanpa Kuasa Tuhan , maka manusia tidak akan dapat bertahan hidup seperti kita ini. Oleh karena itu juga hendaknya kita menyadari dengan sungguh-sungguh serta sering-sering untuk mengucapkan syukur kepada Tuhan yang Maha Esa yang mana dari Ia lah kita di ciptakan yang sesuai atau seturut dengan rupa Allah.

Sebagai remaja yang baik , selain mensyukuri akan tubuh yang telah Tuhan berikan bagi kita , hendaknya kita juga merawatnya. Bagaikan tanaman yang tidak pernah di rawat , maka lama - kelamaan akan menjadi layu. Sama juga dengan manusia yang menyalahgunakan obat-obatan atau berbuat yang tidak baik seperti minum-minuman beralkohol , merokok , lalu diet yang berlebihan akan menyebabkan tubuh kita menjadi rusak. Dengan adanya sikap hati-hati seperti dalam pergaulan dengan lawan jenis atau saat berada pada suatu lingkungan yang bebas , di perlukan agar kita dapat menjaga serta merawat tubuh dengan baik. Dengan kita merawat serta menjaga tubuh dengan baik maka akan merupakan sebuah cerminan remaja yang menghargai bagaimana karya Tuhan yang telah di berikan bagi kita ;)