Cerita Tentang UT Proses Pendaftaran





Cerita Tentang UT Proses Pendaftaran di UT (Universitas Terbuka) Jalur Bidikmisi

UT atau Universitas Terbuka adalah sebuah Perguruan Tinggi Negeri yang tesebar diseluruh Indonesia. Tidak hanya di Indonesia, di luar negeri pun juga ada, keren kan? Ya donk! Banyak banget keunggulan dari UT, sayangnya banyak yang masih belum mengenal tentang UT atau bahkan menganggap bahwa kuliah di UT itu jelek bahkan menganggap remeh orang yang kuliah di UT ;) #sedih. 

Karena mimin tahun ini (doain ya) bakalan wis_udah (amin) mimin mau cerita sedikit gimana perjalanan selama kuliah di UT tapi dimulai dari alur pendaftaran dulu ya ❤❤❤. 

Cerita Tentang UT Proses Pendaftaran
sumber screachot website UT

Sejak SMA mimin cuma ingin kuliah di UT memang, syukur sih kalau misalnya bisa kuliah dilain tempat, tapi mimin sadar akan kondisi keuangan, akhirnya mimin memutuskan untuk kuliah di UT. Posisi dahulu masih kerja, jadi di waktu istirahat mimin pergi ke kantor UT. Waktu itu mimin sama sekali nggak ngerti tentang perkuliahan, apa itu SKS, jurusan apa yang harus mimin ambil, pokoknya mimin cuma mau KULIYAH!

Mimin bawa semua dokumen atau perlengkapan yang diperlukan, seperti:

🗽 fotocopy dan Berkas Asli Surat Keterangan Lulus (sekarang ga bisa pakai SKL, wajib pakai IJASAH, sudah legalisir)
🗽Fotocopy Transkrip Nilai yang dilegalisir
🗽Pas Foto 3x4 sebanyak 2 lembar
🗽Pas Foto 4x6 sebanyak 1 lembar
🗽Fotocopy KTP
🗽Mengisi Formulir
(Karena waktu itu mimin punya berkah bidikmisi, jadinya sama mbak admin disuruh coba masukin aja bidikmisinya mimin)
🗽Surat Bidikmisi(asli 😪 mimin lupa ga simpan yang asli/fotocopy malah kasih semua)
🗽Surat Keterangan Miskin + beberapa perlengkapan untuk pelengkap dokumen bidikmisi

Sepertinya hanya ini saja berkas yang mimin siapkan. Semua tanpa dipungut biaya karena mimin pakai jalur bidikmisi.

Awalnya mimin kira mimin bakalan di kuliah di tempat dimana mimin tinggal, ternyata di UT ada istilah POKJAR (Pondok Ajar) jadi ketika usai tes untuk jalur bidikmisi, kemudian pengumuman, barulah mimin diberi tahu kalau bakalan kuliah di luar kota dan jarak tempuhnya cukup jauh yaitu 5 jam dari kota mimin 😪
.
.

Oh ya buat yang kepo bidikmisi UT prosesnya apa aja(?)

🏜️ Seleksi administrasi (berkas kita, harus lengkap, ini mimin sampe bolak balik brulang kali)
🏜️Tes Wawancara
🏜️Kunjungan ke rumah, cek lokasi rumah (ini mikin lupa sebelum wawancara atau sesudah wawancara)
🏜️Pengumuman
🏜️Pemberitahuan penempatan
🏜️OSMB (kayak Ospek gitu, tapi versi UT hanya sehari kok)
🏜️Masuk kuliah

Ketika usai pengumuman mimin baru tahu kalau harus kuliah di luar kota, orangtua juga sempat dipanggil apakah setuju atau tidak, syukur orangtua juga membolehkan dan akhirnya mimin pun berangkat kuliah 🎠perjalanan menuju mendapatkan gelar S.Ak 😁

Yang bikin sedih sebenernya mimin kira dulu bakalan kuliah bisnis manajemen atau bakalan ditempatin di manajemen, gataunya malah di Akuntansi :v yauda deh makin pinter ngitung ... Utang-utang hehe 😁

Buat kalian yang masih bingung gimana caranya daftar kuliah di UT nggak usah bingung, coba tanya UPBJJ terdekat (kantor UT terdekat dari kotamu) atau bisa juga via facebook atau twitter, atau telfon 📞hallo UT, via email juga bisa bakalan di bales kok di hari dan jam kerja.

Selain itu buat kalian yang terhalang waktu dan jarak kalian bisa kirim berkas pendaftaran via pos! Wah gila, kurang apalagi gaes fasilitas yang di tawarin UT tuh sudah keren abis dan emang sih kuliah di UT tuh enak. Tapii tapi tetep aja apapun yang enak pasti ada ga enaknya.

Namun karena kali ini membahas tentang pendaftaran, aku bilang pendaftarannya cukup mudah bahkan untuk aku yang waktu itu buta banget tentang dunia perkuliahan. Aku samsek(sama sekali) nggak ngerti apa itu kuliah, jurusan apa saja yang ada di kampus dan cocok untuk aku, gimana kuliah itu, apalagi UT yang cuma TTM 8x per semester, gimana juga belajarnya(?)

Tapi semua itu sudah terlewati gaes, doain ya tahun ini aku bakalan wisuda biar bisa lamar kerja ditempat yang lebih baik, karna sampai hari ini aku masih kerja sampingan aja. 

Oh yaaa, mungkin sampai disini dulu aja tulisanku, buat yang mau tanya bisa tinggalkan komentar, jan lupa untuk FOLLOW instagram @diliburinaja.id . Buat yang masih bingung bisa tanya di IG atau tinggalin komentar dibawah ini.

Terima kasih telah berkunjung...Nantikan tulisanku yang lainnya seputar UT yaa

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cerita Tentang UT Proses Pendaftaran "

Post a Comment

Harap Komentar Dengan Sopan dan Tidak Mengandung SARA atau SPAM
Untuk pasang Iklan contact stefanikristina@gmail.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel