Uji Kompetensi Bab 5 PKN Kelas 8







Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 bukan hanya menggerakan para pemuda untuk meraih kemerdekaan, namun juga mempertegas jati diri bangsa Indonesia sebagai sebuah negara. Sumpah Pemuda telah menjadi jiwa dan semangat yang terus terpatri dalam hati sanubari para pemuda. Suatu semangat yang dibangun atas dasar kesamaan nasib dan cita-cita. Yang kemudian dibungkus dengan komitmen untuk senasib sepenanggungan sebagai satu bangsa, satu tanah air yang pertama-tama ditandai dengan disepakatinya bahasa universal antar bangsa, bahasa Indonesia.





Dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia para Pemuda telah mampu memanfaatkan fase gejolak kepemudaan untuk diarahkan menjadi daya dorong dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Sejarah mencatat organisasi pergerakan nasional pertama, yaitu Boedi Oetomo didirikan oleh mahasiswa Stovia di Batavia, mahasiswa tentunya termasuk dalam golongan Pemuda. Gelora untuk berjuang juga diwujudkan dalam bentuk organisasi pemuda lainnya seperti Jong Java, Jong Celebes, Jong Sumateranen Bond, dan lain-lain.

1. Bagaimana perasaanmu ketika sejarah mencatat begitu banyak peran pemuda dalam memerdekakan dan membangun bangsa?

Jawaban : Sangat bangga karena untuk melakukan perubahan itu sendiri harus memiliki potensi dan kompetensi pengetahuan dan keterampilan untuk melakukan perubahan. Pemuda memiliki potensi itu karena pemuda memiliki keinginan kuat untuk belajar dan berubah menjadi lebih baik. Karakter pemuda, yaitu berani, menyukai tantangan, kreatif, pekerja keras, dan inovatif. Karakter itu semua ada dalam pemuda yang berani melakukan perubahan.

2. Jika diperhatikan dalam wacana di atas, berikanlah karakteristik pemuda yang dapat disebut tulang punggung bangsa!

Jawaban : Karakteristik Pemuda sebagai tulang punggung bangsa:

1. Menurut KBBI, pemuda adalah orang muda lakilaki; remaja; teruna. Pemuda adalah mereka yang memiliki keinginan kuat, semangat tinggi, cita-cita yang digantungkan di bintang, memiliki semangat yang terus berkobar.

2. Pemuda adalah mereka yang berjuang dengan semangat menggapai nilai-nilai luhur bangsa dan agamanya. Pemuda adalah mereka yang mempunyai cita-cita dan bersungguh-sungguh untuk mewujudkannya.

3. Pemuda adalah mereka yang terus melakukan perubahan, mulai dari perubahan diri, keluarga, masyarakat, bangsa, negara dan agama.

4. Pemuda merupakan generasi penerus, generasi pengganti dan generasi pembaharu pendahulu mereka, pemudalah yang akan menjadi tonggak perubahan suatu bangsa. Baik buruknya suatu bangsa dapat dilihat dari pemudanya.

5. Berdasarkan Pasal 1 ayat (1) Undang-Undang No 40 th 2009 Tentang Kepemudaan mendefinisakan Pemuda adalah warga negara Indonesia yang memasuki periode penting pertumbuhan dan perkembangan yang berusia 16 (enam belas) sampai 30 (tiga puluh) tahun.

6. Kemudian Pasal 1 (2) menyebutkan Kepemudaan adalah berbagai hal yang berkaitan dengan potensi, tanggung jawab, hak, karakter, kapasitas, aktualisasi diri, dan citacita pemuda.

3. Jika kalian berada pada zaman yang sama saat Sumpah Pemuda tahun 1928, hal-hal yang akan dilakukan untuk menunjukkan jiwa kepemudaan adalah ...

Jawaban : 
 Pemahaman akan tanggungjawab akan muncul apabila pemuda memiliki kesadaran. Tanggung jawab untuk melakukan perubahan di masa penjajahan muncul karena kesadaran pemuda untuk melakukan peran yang terbaik bagi bangsa dan Negara. Beberapa hal yang akan saya lakukan pada zaman sebelum kemerdekaan Indonesia adalah sebagai berikut:

1) Menumbuhkan Perasaan Senasib Perasaan senasib sebagai bangsa, akan meningkatkan rasa persatuan dalam seluruh rakyat Indonesia. Perasaan senasib dapat muncul karena faktor keterikatan terhadap tempat kelahiran atau menghadapi suatu masalah tertentu. Dalam kurun sejarah bangsa Indonesia pernah menjadi bangsa terjajah. Kondisi ini mendorong perasaan senasib bagi bangsa Indonesia.

2) Membangkitkan semangat diri dan pemuda lain untuk Kebangkitan Nasional Kebangkitan nasional adalah sesi pergerakan perjuangan bangsa Indonesia yang mulai menyadari kondisi dan potensi sebagai suatu bangsa. Kebangkitan nasional Indonesia dipelopori dengan kelahiran Budi Utomo 1908. Ciri dari kebangkitan nasional adalah perjuangan bangsa Indonesia lebih diwarnai perjuangan untuk memperjuangkan kepentingan nasional bukan hanya kepentingan daerah semata.

3) Membuat komitmen dalam Sumpah Pemuda Sumpah pemuda merupakan penegas bagi bangsa Indonesia untuk mewujudkan sebuah negara yang memiliki identitas dan dicintai rakyatnya.

4) Berjuang untuk mewujudkan Proklamasi Kemerdekaan Proklamasi kemerdekaan tanggal 17 Agustus 1945 merupakan titik puncak perjuangan rakyat Indonesia.


4. Pada masa perjuangan sebelum kemerdekaan dengan keterbatasan yang dimiliki para pejuang sanggup menciptakan persatuan bangsa, apa yang dapat dilakukan pemuda sekarang dengan berbagai kemudahan seperti saat ini?

Jawaban : Pada masa kini pemuda lebih dipermudah untuk berjuang sekaligus dapat memiliki berbagai tantangan, oleh sebab itu kita perlu mengangkat kembali nilai-nilai kebangsaan khususnya nilai-nilai yang terkandung dalam konstitusi UUD NRI Tahun 1945, demi meneguhkan kembali jati diri bangsa dan membangun kesadaran tentang sistem kenegaraan yang menjadi konsensus nasional, sehingga diharapkan bangsa Indonesia dapat tetap menjaga keutuhan dan mampu menegakkan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia di tengah terpaan arus globalisasi yang bersifat multidimensial. Mengembangkan tenggang rasa, tepa selira dan menerima perbedaan dalam bentuk apapun. Mengakui keunggulan dan kelemahan orang lain maupun diri sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa. 

Beberapa alasan yang menyebabkan kita harus bangga sebagai bangsa Indonesia adalah sebagai berikut:

a. Kita adalah bangsa yang berdikari (berdiri di atas kaki sendiri), bangsa Indonesia mendirikan bangsa ini dengan perjuangan dari seluruh bangsa Indonesia dilandasi oleh kecerdasan, keberanian, dan kerelaan berkorban dengan darah dan air mata, serta semangat persatuan dan kesatuan. Tanggal 17 Agustus 1945 bangsa Indonesia berhasil mengumandangkan kemerdekaan dan mengusir penjajah dari tanah air.

b. Negeri kita adalah negeri kepulauan yang sungguh indah dengan lebih dari 17.500 pulau dengan panjang tidak kurang dari 5.000 kilometer yang terbentang dari Timur ke Barat. Kita memiliki pantai terpanjang dan terindah. Bangsa kita terdiri atas lebih dari 900 suku bangsa, 400 lebih bahasa daerah dan dialek dengan warisan adat istiadat, cara hidup dan kearifan masing-masing. Tidak banyak bangsa dan negara lain yang mendapat karunia Tuhan seperti ini. Kita patut bangga dan tentu tidak lupa bersyukur menjadi bangsa terpilih untuk mendapatkan karunia yang amat berharga ini.

c. Borobudur, prambanan, dan situs lainnya yang tersebar di seluruh nusantara ini adalah bukti bahwa sejak dulu, bangsa ini telah memiliki peradaban tinggi dan tidak kalah dengan bangsa-bangsa lain. Kita memiliki catatan sejarah tentang kejayaan Sriwijaya, Majapahit, dan kerajaankerajaan besar lainnya yang pernah ada di nusantara. Kejayaan dan peradaban nusantara di masa lalu, merupakan bagian dari kebanggaan kita sebagai bangsa.


5. Lanjutkan wacana di atas dengan pernyataan,” sebagai pemuda masa kini saya akan ...”

Jawaban : Sebagai Pemuda masa kini saya akan ... dan menjadikan sejarah perjuangan Sumpah Pemuda sebagai ....

Apabila kamu menyukai blog ini bisa tolong klik ikuti pada samping bar di blog ini, atau bisa juga terhubung dengan penulis melalui facebook di >> nifafani's blog atau bisa juga kontak penulis di instagram @stefanikristina, dengan senang hati bakalan penulis follow back (tolong DM yaa,, jangan lupaaa ^^) . Untuk bantu penulis update post yang lain bisa juga hubungi via email di stefanikristina@gmail.com. Okee sekian


Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Uji Kompetensi Bab 5 PKN Kelas 8"

Harap Komentar Dengan Sopan dan Tidak Mengandung SARA atau SPAM
Untuk pasang Iklan contact stefanikristina@gmail.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel