Uji Kompetensi Bab 2 PKN Kelas 8







Ketika Ir. Soekarno-Moch. Hatta membacakan Proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia, kala itu ada harapan dalam diri pendiri negara maupun masyarakat yang mengikuti peristiwa tersebut di radio, bahwa bangsa Indonesia ingin melepaskan diri dari penjajahan.

sumber: google


1. Menurut pendapatmu, manakah dari suasana yang diceritakan tersebut yang merupakan isi dari pembukaan UUD NRI tahun 1945?

Jawaban : Pada kalimat bahwa bangsa Indonesia ingin melepaskan diri dari penjajahan merupakan salah satu alasan mengapa bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya. Akhirnya dalam pembukaan UUD NRI tahun 1945 Indonesia membuat sebuah pernyataan yang hampir sama dinyatakan oleh seluruh bangsa di dunia bahwa kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan perikeadilan.

2. Berikan alasan bahwa peristiwa di atas merupakan isi dari pembukaan UUD NRI tahun 1945 pada alinea pertama! Ayah Adi adalah seorang anggota kepolisian, ia menegakkan hukum dan kedisiplinan di lingkungan kerjanya maupun di masyarakat. Hal tersebut ia lakukan untuk menjalankan tugas yang diembannya karena dalam UUD NRI tahun 1945 tertulis kewajiban warga negara menjunjung tinggi hukum dan pemerintahan (Pasal 27 ayat 1).

Jawaban : Pada alinea pertama pembukaan UUD NRI tahun 1945 dinyatakan bahwa: kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan perikeadilan, maka dapat disimpulkan semua warga Indonesia terutama para pendiri negara seperti Ir. Soekarno dan Moch Hatta tergerak untuk segera menyatakan kemerdekaan karena dampak dari sebuah penjajahan adalah menderitanya seluruh bangsa. Maka Indonesia melakukan peristiwa sejarah tersebut dan dituliskan dalam mukadimah konstitusi negara.


3. Apakah kepatuhan ayah Adi terhadap tugas yang diembannya merupakan salah satu bentuk mengamalkan UUD NRI tahun 1945?, berikan alasannya!

Jawaban : Ya, ayah Adi sedang mengamalkan UUD NRI tahun 1945 karena ia sebagai seorang anggota kepolisian berusaha untuk tetap konsisten menegakkan hukum dan kedisiplinan tidak hanya dilingkungannya bekerja namun juga dalam kehidupannya bermasyarakat. Adapun bukti bahwa ia mengamalkan UUD tersebut adalah manakala tugas yang diberikannya bukan sekedar kewajiban sebagai anggota polisi saja namun ia mampu melaksanakan menjunjung tinggi hukum dalam kehidupan bermasyarakat. Sebagai anggota polisi ia mampu mengerjakan tugas yang diberikan negara kepadanya sehingga ia dikatakan sebagai warga negara yang menjunjung tinggi pemerintahan.

4. Jelaskan menurut pendapatmu mengapa ayah Adi melakukan perbuatan tersebut!

Jawaban : Menurut pendapat saya ayah Adi melakukan perbuatan tersebut dengan alasan:

1. Ia adalah warga negara yang bertanggung jawab.
2. Ia ingin memberikan suri tauladan pada masyarakat bagaimana menjadi warga negara yang baik.
3. Ia memiliki hati nurani mencintai bangsa dan negara Indonesia.
4. Ia memiliki jiwa patriotik yang tinggi.
5. Ia Mensyukuri atas nikmat memiliki pekerjaan.

5. Jika kalian menjadi ayah Adi apa yang akan kalian lakukan untuk mematuhi kaidah fundamental UUD NRI tahun 1945?

Jawaban : Jika saya menjadi ayah Adi, maka hal yang akan saya lakukan untuk mematuhi kaidah fundamental Pembukaan UUD NRI tahun 1945 adalah ....


Apabila kamu menyukai blog ini bisa tolong klik ikuti pada samping bar di blog ini, atau bisa juga terhubung dengan penulis melalui facebook di >> nifafani's blog atau bisa juga kontak penulis di instagram @stefanikristina, dengan senang hati bakalan penulis follow back (tolong DM yaa,, jangan lupaaa ^^) . Untuk bantu penulis update post yang lain bisa juga hubungi via email di stefanikristina@gmail.com. Okee sekian


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Uji Kompetensi Bab 2 PKN Kelas 8"

Post a Comment

Harap Komentar Dengan Sopan dan Tidak Mengandung SARA atau SPAM
Untuk pasang Iklan contact stefanikristina@gmail.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel