Uji Kompetensi Bab 1 PKN Kelas 8







Uji Kompetensi Bab 1



Menjalankan perintah Tuhan Yang Maha Esa merupakan salah satu bentuk menghargai dan mengamalkan Pancasila, yaitu sila pertama. Dalam hidup ber-masyarakat dan bernegara banyak sekali nilai-nilai Pancasila yang dapat diamalkan. Pancasila sebagai Dasar Negara dan pandangan hidup bangsa dan pelaksanakan nilai-nilai Pancasila di lingkungan sekolah, masyarakat, bangsa dan negara menjadi kewajiban kita sebagai warga negara Indonesia, yang harus dipupuk dalam diri kita adalah bagaimana memahami sejarah ideologi Pancasila dan menyadarinya bahwa para pendiri negara berjuang untuk mendudukan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang merdeka.

1. Apa yang mungkin dapat kalian lakukan untuk mengamalkan sila-sila dalam Pancasila di lingkungan sekolah?

Jawaban : 

Sila Pertama: berdoa sebelum belajar, membaca kitab suci sesuai dengan agama masing-masing, mensyukuri dapat bersekolah, beteman, dan sehat.

Sila kedua: menghargai hak orang lain, perbedaan pendapat, menjaga harga diri manusia.

Sila ketiga: menjaga keamanan, kenyamanan, ketertiban di kelas maupun di lingkungan sekolah, menjalin persatuan dan kesatuan, mengikuti upacara bendera dengan hikmat.

Sila keempat: bermusyawarah dalam memutuskan permasalahan di kelas dan sekolah, bekerjasama dan bergotong royong dalam kebaikan.

Sila kelima: setia kawan, menolong tanpa pamrih, tidak curang, berlaku adil, mengutamakan kebenaran.

2. Bagaimana menumbuhkan rasa cinta pada ideologi Pancasila?

Jawaban : Mampu menghapalkan isi sila Pancasila secara berurutan, mengamalkan sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, mengetahui makna yang terkandung dari simbol-simbol dalam perisau garuda, menghormati sejarah lahirnya Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.

3. Berikan pendapatmu bagaimana mengamalkan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat!

Jawaban : 

Mengamalkan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat dapat berupa:

Sila pertama: bersama dengan sesama umat beragama saling toleransi dan bekerjasama, tenggang rasa pada umat yang berbeda, dan mensyukuri nikmat bermasyarakat.

Sila kedua: menghormati harkat dan martabat manusia, menjunjung hak asasi manusia, memperlakukan sesama manusia secara baik.

Sila ketiga: menjaga keamanan lingkungan, cinta tanah air, patriotik, mengutamakan kepentingan orang banyak.

Sila keempat: mengikuti dan melaksanakan Pemilu yang Luber dan Jurdil, demokratis, bermusyawarah, gotong royong, bekerjasama.

Sila kelima: memelihara dan mendukung pembangunan yang merata, menegakkan hukum dan kedisiplinan, menghargai hasil karya orang lain.

4. Apa solusi yang dapat kalian berikan untuk menumbuhkan nilai kesadaran berPancasila pada saat ini jika masyarakat lebih peduli pada dirinya sendiri?

Jawaban : 

Solusi agar mampu menumbuhkan kesadaran berPancasila pada saat ini:

1. Belajar PPKn dengan baik dan bersungguh-sungguh.
2. Membaca dan memahami perjalanan sejarah bangsa Indonesia.
3. Memupuk rasa cinta tanah air melalui kegiatan patriotik seperti upacara bendera, menyanyikan lagu kebangsaan.
4. Melakukan kegiatan sosial di masyarakat.
5. Menghormati kebhinekaan bangsa dan bangga dengan produk dalam negeri.

5. Tuliskan harapanmu untuk melanjutkan wacana di atas agar bangsa Indonesia mampu lebih maju berdasarkan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa

Jawaban : Dengan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia, saya sangat berharap bangsa ini akan dapat mengamalkan pancasila dalam kehidupan sehari-hari misalnya dengan saling menghargai pendapat orang lain, manaati tata tertib atau peraturan yang berlaku baik di lingkungan masyrakat maupun sebagai pelajar di sekolah, dan masih banyak lagi pelaksaan perilaku yang sesuai dengan nilai nilai Pancasila.

Apabila kamu menyukai blog ini bisa tolong klik ikuti pada samping bar di blog ini, atau bisa juga terhubung dengan penulis melalui facebook di >> nifafani's blog atau bisa juga kontak penulis di instagram @stefanikristina, dengan senang hati bakalan penulis follow back (tolong DM yaa,, jangan lupaaa ^^) . Untuk bantu penulis update post yang lain bisa juga hubungi via email di stefanikristina@gmail.com. Okee sekian


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Uji Kompetensi Bab 1 PKN Kelas 8"

Post a Comment

Harap Komentar Dengan Sopan dan Tidak Mengandung SARA atau SPAM
Untuk pasang Iklan contact stefanikristina@gmail.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel