Kenapa Kita Mudah Gemuk?






Tulisan ini merupakan hasil perenunganku setelah berkaca pada diri sendiri, kemudian aku mencoba untuk melihat teman-temanku semasa sekolah dahulu. Satu persatu aku buka foto profilnya dan kudapati wajah mereka masih sama namun tubuhnya mulai berubah. Tak terkecuali tentu sudah jelas aku sendiri juga sudah berubah.

Beberapa waktu yang lalu aku pergi ke sebuah BANK untuk memperbarui ATM ku yang rusak. Karena aku suka ID card yang sudah tentu ada fotonya, akhirnya aku juga memutuskn untuk mengambil gambar dan ditempelkan pada ATM card ku. Setelah aku perhatikan dan bandingkan dengan ATM ku yang lama, aku baru sadar. Ternyata wajahku sudah berubah. Agak melembung pipi dan wajahku juga agak lebar. Entah pengaruh dari pengambilan fotonya atau memang wajahku sudah melebar (?) who knows ---

Tapi dari situ aku nggak berhenti buat memperhatikan. Bukan karena jeleknya hasil yang didapat, tapi karena aku merasa aku juga 'gemukan'. Beberapa waktu lamanya aku melihat diri ku dalam cermin. Aku perhatikan baik-baik mulai dari wajah hingga badan. Jelas aku tidak dapat menemukan perbedaannya. Aku hanya bisa merasakan dan melihat dengan membandingkannya di foto. iya mungkin... aku gemukan.

Dari situ mulaila aku mencari artikel yang bisa menjawab pertanyaan ku... ' mengapa/kenapa kita mudah gemuk? ' Bagaimana tidak mudah kalau saleb gram yang aku follow baru satu tahun juga sudah berubah bentuknya. Dulu yang badannya bagus banget sekarang jadi melar. Lalu teman-temanku yang aku buka foto profilnya, satu persatu juga mengalami perubahan, bahkan sampai orang yang pernah aku sukai juga berubah.

Aku jadi bertanya-tanya.. APA PENYEBABNYAAA ????

Kenapa Kita Mudah Gemuk?
sumber : GOOGLE
Jelas, yang pertama adalah... POLA MAKAN

Pola makan yang tidak teratur bisa saja membuat badan kita melar kemana-mana. Memang kita nggak bisa menyalahkan pola makan kita, Saat ini pekerjaan yang menumpuk jelas bikin mudah kita lupa jam makan. Sehingga mau nggak mau waktu inget makan ya kita makan aja yang banyak. Kalau nggak inget ya nggak makan. Selain itu,,

MAKAN MAKANAN SEMBARANGAN

Maksudku disini bukan berarti kamu jajan di pinggir jalan yang sembarangan yah.. Makan makanan sembarangan ini seperti makanan yang berlemak, berminyak lebih, dan cepat saji atau mungkin dan lain-lain. Seperti ceritaku sebelumnya, Seleb yang aku follow kok setaun aja uda berubah badannya melar kemana-mana? Setelah aku amati dari story nya.. mungkin karena makanannya yang tidak seimbang. Meski ia beli makanan yang keliatannya mewah dan mahal, namun kalau tidak di kontrol jelas lama kelamaan bakalan bikin dia gemuk juga. 

Dulu aku pikir orang yang ekonomi kebawah lebih mudah untuk gemuk karena makanan yang ia makan tidak elite seperti orang kaya. Ternyata engga juga. Nggak semua orang berduit suka makan sayur bukan? Engga semua orang yang berduit suka olah raga bukan? 

Bicara tentang OLAHRAGA Ini juga bisa masuk salah satunya. Masyarakat kita malah buat olahraga (termasuk aku salah satunya) aku males banget buat olahraga jadi sudah jelas, gimana coba lemak ini mau terbakar? Susah boooo.. Susahhh...  Padahal niat banget ingin tidur awal, biar bisa OLAHRAGA pagi, tapi tahu-tahu jam 10 lewat baru bangun. beuuuhhh kapan olahraganya buk? Beginilah anak zaman now yang sukanya...

BEGADANG ... Mau mangkir gimanapun,, Kurang tidur atau suka tidur larut ga sesuai jam normal, juga bisa bikin kamu mudah melar tuh badannya. Kadang aku pikir,, gimana mau tidur awal yah kalau paketan aja malem? Akhirnya aku buat paketan 24 jam. Lhaa kok masih susah tidur? Rupanya karena stress, banyak pikiran. Yahhh...

Sudah jelas banget gimana bisa tidur kalau pikiran kemana-mana bukan? STRESS Juga membuat kamu baklaan susah untuk tidur sehingga membuat kamu berpikir dan berpikir. Larinya sebagian orang pasti bakalan ke makanan kalau sudah begini, gimana mau kelar rantai penyebab gemuk? Kapan juga mau diet mu goals. 

TENANG ajaaa,, kamu nggak sendiri. Seperti yang aku bilang diawal, ini merupakan perenungan yang berasal dari diriku sendiri,,, jelas banget dan banget apa yang aku tulis adalah dari apa yang aku alami. Nggak mudah untuk Mangkir dan juga nggak ngelakuin apa yang aku tulis diatas, bukan berarti yang begitu anak zaman now doang, mungkin bisa aku ganti sedikit.. Yang melakukan itu adalah orang-orang zaman now..

Oke sekian dahulu ah tulisanku kali ini. Mohon maaf apabila ada salah kata dan perbuatan. tulisan ini tidak diperuntukan untuk menyinggung siapapun. Sekali lagi tulisan ini adalah murni dari perenungan dan keresahan ku pribadi melihat diri dengan berkaca pada cermin dan kemudian memperhatikan orang-orang yang ada disekitarku termasuk orang yang aku kagumi.

Terima kasih buat yang sudah membaca tulisan ini. Apabila kalian ingin bercerita atau menulis pesan pribadi denganku bisa di email putricristiani@gmail.com