Standar Audit





Standar auditing disusun oleh IAPI dan standar ini harus dipatuhi oleh anggota IAPI. Dewan penyusunan standar ini selalu memperhatikan kepentingan masyarakat dan mempertimbangkan segala sesuatu yang berkaitan dengan pelaksanaan dan tanggung jawab auditor. Standar dan prosedut menetapkan sifat dan luas tanggung jawab auditor, serta menyediakan pedoman untuk melakukan tugas audit. 

standar audit
sumber: google


Pernyataan standar auditing (PSA) merupakan pedoman kerja yang paling utama bagi para auditor. Pernyataan standar auditing baru dapat dibuat, apabila timbul masalah auditing yang cukup penting sehingga butuh interpretasi resmi dari IAI.
  1. Pernyataan manakah yang merupakan uraian yang paling baik dari ungkapan “ standar auditing yang belaku umum? “ Memberikan pedoman bagi auditor untuk merencanakan audit dan menulis laporan audit
  2. Untuk apakah IAI menetapkan standar atestasi? Untuk mengatur jenis penugasan dan lingkup audit.
  3. Apa makna dari standar auditing yang mewajibkan seorang auditor untuk bertindak independen? Auditor harus memiliki sikap kehati-hatian dan curiga.
  4. Karakteristik apakah yang harus dimiliki oleh seorang auditor dalam melaksanakan audit laporan keuangan seperti yang diwajibkan oleh standar umum yang pertama? Pelatihan teknis dan keahlian yang memadai.
  5. Apa ciri umum dari standar pekerjaan lapangan ? Kebutuhan untuk mempertahankan sikap mental yang independen.
  6. Suatu pendapat atas kewajaran penyajian laporan keuangan sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum merupakan standar? Standar Pelaporan.
  7. Apa yang harus dilakukan auditor sesuai penggunaan kecakapan professional yang cermat? Mengurangi risiko pengendalian sampai tingkat paling rendah.
  8. Mana di antara yang berikut ini yang bukan merupakan standar atestasi?  Pekerjaan harus direncanakan secara memadai dan apabila menggunakan asisten harus disupervisi dengan baik.
  9. Berdasarkan standar etika profesi, seorang auditor akan terlihat independen dalam keadaan yang seperti apa? Karyawan professional, yang tidak bekerja dalam audit, memiliki pasangan suami/istri yang merupakan manajer pemasaran di perusahaan klien yang diaudit.

Sistem Pengendalian internal terdiri atas kebijakan dan prosedur yang dirancang untuk memberikan kepada manajemen kepastian yang layak bahwa perusahaan telah mencapai tujuan dan sasarannya. 

Independensi merupakan dasar dari profesi auditing. Hal itu berarti bahwa auditor dapat bersikap netral terhadap entitas.

  1. Tujuan pengendalian mutu adalah.. Memberi mandate kepada kantor public untuk menetapkan kebijakan dan prosedur untuk pengembangan profesionalisme.
  2. Ketika melaksanakan suatu penugasan atestasi, seorang akuntan public biasanya? Memberikan saran konsultasi.
  3. Berikut adalah factor-faktor  risiko yang timbul dari kecurangan dalam laporan keuangan, kecuali karakteristik.. dewan standar dalam pengembangan standar auditing.
  4. Berikut adalah factor-faktor risiko yang timbul dari perlakuan yang tidak semestinya terhadap asset dalam laporan keuangan, kecuali.. Penjagaan fisik yang sangat memadai untuk asset tetap.
  5. Dalam manajemen kepegawaian, kebijakan dan prosedur yang harus ditetapkan agar tercapai pengendalian mutu yang bagus, kecuali.. Seluruh personel yang bertugas harus mempertahankan independensi dalam fakta dan penampilan, melaksanakan semua tanggung jawab professional dngan integritas, serta mempertahankan obyektivitas dalam melaksanakan tanggung jawab professional mereka.
  6. Dalam unsur pemantauan prosedur, ikhtisar persyaratan yang benar untuk mencapai pengendalian mutu yang baik adalah… Harus ada kebijakan dan prosedur untuk memastikan bahwa keempat unsur oengendalian mutu lainnya diterapkan secara efektif.
  7. Auditor juga bertanggung jawab untuk mengomunikasikan temuan kecurangan kepada manajemen dan mungki juga kepada pihak lainnya. Tanggung jawab kunci auditor dalam mengomunikasikan temuan kecurangan adalah sebagai berikut benar, kecuali… SEMUA BENAR 3.38
  8. Mana dari pernyataan berikut yang mendeskripsikan independensi dalam fakta (independence in fact) ? Independensi dalam fakta berarti pernyataan pemikitan auditor- Ya, independensi dalam fakta berarti tidak bias dan tidak menkhianati kepercayaan public – Ya.
  9. Mana dari situasi legal berikut yang dapat mengurangi independensi auditor? Litigasi actual oleh auditor terhadap dugaan fraud yang dilakukan oleh manajemen.
  10. Mana dari jasa non-audit berikut yang dapat mengurangi independensi auditor untuk perusahaan privat? Saat melaksanakan administrasi encana manfaat, auditor dapat menjadi penjaga sekuritas klien.
  11. Tanpa persetujuan klien, auditor seharusnya tidak mengungkapkan informasi rahasia klien dalam kertas kerja ke.. KAP yang mungkin akan menjadi suksesor auditor.
Prosedur auditing meliputi langkah-langkah seperti, menghitung kas kecil, memeriksa rekonsiliasi bank yang disusun oleh klien, mengamati perhitungan persediaan serta menginspeksi keabsahan kendaraan bermotor yang dibeli perusahaan.

  1. Pengertian salah saji yang timbul dari kecurangan dalam laporan keuangan adalah.. Penghilangan secara sengaja jumlah atau pengungkapan dalam laporan keuangan untuk mengelabuhi pemakai laporan keuangan.
  2. Dalam laporan keuangan kecurangan dapat disembunyikan dengan cara sebagai berikut, kecuali.. Menandatangani faktur.
  3. Salah satu tindakan fraudulent finansial reporting adalah… Salah penerapan yang disengaja atas prinsip akuntansi yang berkaitan dengan jumlah
  4. Salah satu cara dalam misapporopriation of assets adalah.. Menyebabkan entitas membayar barang dan jasa yang tidak diterima.
  5. Pada SA seksi 316 menyebutkan bahwa factor risiko yang berkaitan dengan salah saji yang timbul dari kecurangan dalam pelaporan keuangan dikelompokan menjadi.. 3 golongan
  6. Salah satu temuan atas kecurigaan tentang terjadinya perlakuan tidak semestinya terhadap aktivas adalah kurangnya… Jumlah kas atau kas dalam proses yang sangat besar.
  7. Contoh prosedur setaun sekali setiap partner dan pegawai harus menjadi kuesioner independensi yang menanyakan hak-hak seperti kepemilikan saham dan keanggotaan dalam dewan direksi termasuk ke dalam unsur… pada lima unsur pengendalian mutu.. Independensi, Integritas, dan Obyektivitas.
  8. Contoh unsur pemantauan prosedur dalam lima unsur pengendalian mutu adalah.. partner bagian pengendalian mutu harus menguji prosedur pengendalian mutu setodalnya setahun sekali untuk memastikan kepatuhan kap.