Perencanaan Audit dan Prosedur Analitis





Standar Pekerjaan Lapangan ini mensyaratkan bahwa auditor wajib merencanakan pekerjaan lapangan dengan sebaik-baiknya. Tujuannya agar biaya audit dapat terkenal dengan baik, serta menjaga hubungan dengan klien agar tidak terjadi kesalahpahaman yang menyebabkan nama baik auditor dapat tercemar karena ketidak profesionalan yang auditor dalam menjalankan tugasnya.

Perencanaan Audit dan Prosedur Analitis
sumber: Google


  1. Informasi berikut ini tidak tercantum dalam surat perikatan audit antara yang bersangkutan dengan pekerjaan audit atas laporan keuangan historis… Pernyataan nama-nama pihak yang memilki hubungan istimewa dengan klien.
  2. Informasi berikut ini yang tercantum dalam surat perikatan audit antara yang bersangkutan dengan pekerjaan audit atas laporan keuangan historis.. Pernyataan bahwa isi laporan keuangan menjadi tangung jawab pihak manajemen.
  3. Berikut ini adalah berbagai cara yang ditempuh oleh auditor dalam mengevaluasi integritas manajemen, kecuali… Menentukan independensi
  4. Berikut ini adalah tahap yang ditempuh oleh auditor dalam proses audit terhadap lapran keuangan historis, kecuali… Pemerolehan pemahaman atas pengendalian intern klien.
  5. Auditor setidaknya dapat menggunakan pemahaman tentang bisnis dan industry untuk.. Membuat keputusan tentang luasnya prosedur audit
  6. Kantor Akuntan Publik dapat merujuk pada satu atau lebih dari tiga standar auditing umum dalam menentukan.. Apakah akuntan public wajib menerima suatu perikatan audit.
  7. Sebelum menerima perikatan audit, suksesor auditor harus membuat pertanyaan spesifik pada auditor sebelumnya berdasarkan.. Memahami alasan pergantian auditor
  8. Auditor cenderung mereferensi satu atau lebih dari tiga standar audit umum dalam menentukan …  Apakah auditor harus melaksanakan perikatan audit.
  9. Surat perikatan secara luas digunakan dalam praktik untuk perikatan professional untuk semua tipe. Tujuan utama surat perikatan adalah untuk.. Memberikan catatan tertulis dari perjanjian dengan klien untuk jasa yang diberikan.
  10. Mengidentifikasi keadaan-keadaan special dan risiko selama penerimaan klien dan penyimpanan biasanya berhubungan dengan pertimbangan auditor terhadap… Risiko Bisnis Auditor
  11. Mana dari isu-isu berikut yang mungkin memiliki pengaruh negative dalam penerimaan atau penolakan klien? Klien mengalami masalah arus kas dan dekat dengan pelanggaran perjanjian utang.
  12. Mana dari langkah-langkah berikut yang kemungkinan paling kecil untuk dilaksanakan sebagai bagian dari prosedur pengukuran risiko? Melaksanakan Uji Substantif.
  13. Auditor akan kemungkinan paling kecil untuk menggunakan pemahaman terhadap entitas dan lingkungannya untuk.. Mengevaluasi integritas manajemen
  14. Auditor akan kemungkinan paling kecul untuk menggunakan tujuan manajemen, strategi, dan risiko bisnis terkait untuk… Membuat keputusan tentang luasan prosedur audit.
  15. Mana dari pernyataan berikut yang tidak akan dipertimbangkan sebagai bagian insutri, regulator, dan factor eksternal lainnya yang auditor akan normalnya memahami, saat merencanakan perencanaan audit?  Prinip akuntansi dan praktik spesifik industry.
  16. Mana dari factor-faktor berikut yang cenderung akan mempengaruhi peningkatan risik salah saji material dalam laporan keuangan?  Klien telah kehilangan keunggulan teknologinya dibandingkan dengan pesaingnya.
  17. Mana dari pernyataan berikut yang tidak akan dipertimbangkan sebagai bagian dari pemahaman terhadap operasi bisnis entitas? Memahami pendekatan operasional entitas dengan bagaimana kecenderungan manajemen untuk mencapai tujuannya.
  18. Mana dari pernyataan berikut yang tidak dipertimbangkan sebaga baian terhadap pemahaman bagaimana sebuah entitas mengukur dan meninjau kinerja keuangannya? Memahami penggunaan instrument keuangan derivative dari entitas.
Auditor wajib merencanakan pekerjaan lapangan sebaik-baiknya agar biaya audit dapat terkontrol dengan baik serta hasil audit dapat sesuai dengan kebutuhan para pemakai laporan keuangan. Oleh karena itu, sebelum menerima perikatan kepada klien, auditor wajib memahami bisnis apa yang digeluti oleh calon klien tersebut. 

  1. Biasanya auditor melakukan audit terhadap arsip korespondensi dengan prosedur audit… Pada waktu auditor membaca notulen rapat, arsip kontrak, atau data lain yang memberikan petunjuk adanya korespondensi terhadap sesuatu yang dianggap penting oleh auditor, ia wajib meminta klien untuk menyerahkan copy surat-surat yang bersangkutan.
  2. Entitas mencapai tujuannya dengan menggunakan sumberdaya – sumberdayanya. Manakah dari hal-hal berikut yang tidak dianggap sebagai bagian dari sumberdaya entitas? Dasar pelanggan entitas.
  3. Ketika menggunakan pekerjaan spesialis, auditor dapat mengidentifikasi dan mengacu pada pekerjaan spesialis dalam laporan auditor jika..  Pekerjaan spesilais memberikan auditor kepastian yang lebih besar tentang reliabilitas.
  4. Auditor penerus kemungkinan besar mengadakan Tanya-jawab khusus dengan auditor pendahulu tentang.. Prinsip akuntansi khusus dari klien.
  5. Auditor melakukan penghitungan berbagai macam rasio keuangan perusahaan klien untuk dibandingkan dengan rasio keuangan yang sama perusahaan sejenis dalam insutri dan rasio keuangan yang sama perusahaan sejenis dalam industry dan rasio keuangan yang sama perusahaan klien dan tahun-tahun sebelumnya. Dalam hal ini auditor melakukan… Pengujian analitik
  6. Sebelum menerima suatu perikatan audit, seorang auditor pengganti wajib mengajukan pertanyaan spesifik kepada auditor terdahulu berkenaan dengan.. Pemahaman auditor terdahulu terhadap mengapa terjadi pergantian auditor.
  7. Berikut ini adalah conoh transaksi antar pihak-pihak yang memiliki hubungan istimewa dengan klien, kecuali .. Transaksi pembelian kembali saham yang beredar di pasar
  8. Ketika mengaudit transaksi dengan pihak yang terkait, auditor terutama menekankan kepada… Mengonfirmasi eksistensi pihak terkait.
  9. Suatu fluktuasi abnormal dalam laba kotor yang mungkin menyebabkan diperlukannya prosedur audit yang diperluas untuk penjualan dan persediaan lebih mungkin diidentifikasi dalam tahap perencanaan audit dengan penggunaan… Suatu evaluasi terhadap struktur pengendali intern.
  10. Manakah dari prosedur audit berikut ini lebih mungkin untuk mengungkapkan bahwa manajemen telah melakukan investasi yang dignifikan dalam suatu system manajemen sumberdaya perusahaan untuk mendukung kebutuhan pengambilan keputusan entitas? Me-review Kertas Kerja Tahun Lalu.
  11. Surat perikatan digunakan secara luas dalam praktik untuk segala jenis perikatan professional. Tujuan utama dari surat perikatan adalah untuk… Menyediakan suatu catatan tertulis terhadap persetujuan dengan klien atas jasa yang disediakan.
  12. Berikut ini adalah tahap-tahap penerimaan perikatan audit, kecuali.. Merencanakan audit
  13. Berikut ini adalah informasi penting yang wajib diperhatikan oleh auditor dari review terhadap notulen rapat direksi dan pemegang saham, kecuali… Hal-hal yang berakibat terhadap laporan keuangan klien atau kegiatan usahanya, atau berpengaruh terhadap pelaksanaan audit.
  14. Berikut ini adalah berbagai cara yang ditempuh oleh auditor dalam mengevaluasi integritas manajemen, kecuali.. Daftar pemegang saham
  15. Mana dari pertanyaan berikut yang mendeskripsikan dengan baik langkah-langkah yang dilibatkan dalam melaksanakan prosedur analitis? (1) Mengidentifikasi perhitungan dan perbandingan yang dibuat, (2) mengembangkan rentang ekspetasi, (3) melaksanakan perhitungan, (4) mengidentifikasi perbedaan-perbedaan yang signifikan, (5) menginvestigasi perbedaan signifikan yang tidak diharapkan, dan (6) menentukan dampak pada perencanaan audit.
  16. Mana dari factor-faktor yang akan mengurangi efektivitas prosedur analitis? Data telah yang telah dikembangkan oleh perusahaan privat dengan pengendalian internal yang lemah.
  17. Utang usaha untuk PR Faikar pada tahun sekarang bertumbuh tidak secepat pertumbuhan biaya penjualan, dan tingkat pengembalian (turnover) utang usaha secara signifikan lebih rendah daripada tahun-tahun sebelumnya dan rata-rata industry. Laba kotor juga secara signifikan meningkat. Mana dari tujuan audit berikut yang paling mungkin tidak tercapai berdasarka bukti diatas? Kelengkapan pembelian dan utang usaha
  18. Untuk semua audit laporan keuangan yang dibuat dalam berdasarkan Standar Audit Berterima Umum, penggunaan prosedur analitis diharuskan untuk beberapa perluasan khusus…. Tahap perencanaan – Ya. Sebagai Uji Substantif – Tidak, Dalam Tahap Tinjauan Final – Ya.