Pengalaman Mutasi dan Ganti Plat dari Samsat Sidoarjo ke Surabaya

 

Pengalaman Ngurus Pajak Kendaraan Bermotor 5 Tahunan dan Mutasi dari Sidoarjo ke Surabaya
Gambar by Google
Motor yang ku beli sebelumnya masih plat W dan pada bulan Agustus 2020 waktunya bayar pajak Tahunan dan 5 tahunan. Untuk membayar pajak tentunya membutuhkan KTP kaan ;) karena KTPku KTP Surabaya, maka aku putuskan untuk mutasi sekalian saja dari pada menggunakan biro jasa.

Langkahh pertama, 28 Juli 2020

Aku pergi ke kantor samsat Sidoarjo, sampai disana pukul 10 pagi.

Berkas yang di bawa :

- BPKB asli
- KTP

Tambahan : siapkan uang tunai 20rb dan 150

Setelah sampai di kantor samsat, aku parkir, kemudian antri di loket foto copy, disini siapkan uang 20rb, dan jangan lupa katakan mau mutasi.
Siapkan bolpoint juga, apabila lupa ga bawa bisa beli di sana sekalian 2rb.

Setelah itu isi data dan kemudian cek fisik. Ikuti alurnya aja, apabila ada yang kurang jelas bisa ditanyakan di bagian loket atau para petugas.

Saat cek fisik di samsar sidoarjo saya tidak dikenakan biaya baik ditentukan nominal maupun sukarela tidak dimintai biaya.

Aga ribet sih naik ke lantai 2 turun bayar biaya mutasi kendaraan kemudian naik lagi sampai terima selembar kertas yang tertulis tanggal berapa kita ambil berkas kembali ke samsat tersebut.

Untuk urus mutasi di samsat asal, dikenakan biaya sebagai berikut:

- parkir motor 2rb
- fotocopy 20rb
- biaya mutasi 150rb
- tambahan bolpoint 2rb

Total 174rb

Kemudian nunggu 1 bulan,, tanggal 28 Agustus 2020 kembali lagi ke samsat asal untuk ambil berkas yang akan di tujukan ke samsat tujuan -- Surabaya ❤️

28 Agustus 2020

Pukul 9 aku sampai di kantor samsar Sidoarjo, langsung letakkan kertas yang sebelumnya diberikan dan kemudian menunggu nama di panggil, (langsung ke lantai 2)

Nggak lama kemudian dipanggil, tapi karena samsat surabaya tutup pukul 11, ketika hari itu juga mau urus aku ga bisa 🙈 akhirnya besoknya hari sabtu tanggal 29 Agustus 2020 baru bisa urus balik nama dan mutasi masuk.

29 Agustus 2020

Kali ini aku datang lebih pagi, supaya cepat selesai dan nggak panas, sudahh datang pukul 07.45 tapi ternyata antrinya sudah panjang melebihi pagar malah 🙈 . Antri untuk ambil formulir kemudian cek fisik lalu verifikasi data. Disini kurang lebih prosesnya 1.30 menit.

Ga perlu antri fotocopy lagi seperti sebelumnya, tapi siapkan aja foto copy KTP 5 lembar diluar dari pada nanti diminta kemudian foto copy didalam, mahal 🙈 perlembarnya 500 rupiah. Mayan 2.5 untuk 5 lembar KTP.

Setelah itu ambil tiket untuk mutasi masuk,( aku di samsat manyar surabaya yaaa ) setelah ambil tiket, letakkan berkas ke loket paling kanan hampir ujung yang ada tulisannya " mutasi masuk ". Tunggu aja sampai nama kalian di panggil dan diberikan nota untuk membayar sesuai dengan nominal.

Untuk proses hari itu aku menyiapkan uang kurang lebih 700rb, adapun pengeluarannya sebagai berikut :

- biaya cek fisik 10rb (bilangnya sukarela tapi diminta juga)
- foto copy 2.5rb
- bea balik nama 225rb
- Bea BBN, dll 422.5rb
- ongkos pasang plat 15rb
- parkir 3rb

Total 678rb

Buat kalian yang mau cek bea balik nama, mutasi, dan sebagainya bisa cek di website, aku juga sebelumnya ngecek dulu sebelum ngurus semua ini :) ternyata sesuai. Jadi sudah siap sedia untuk bayar. Oh yaa jan lupa siapkan uang tunai saat datang ke samsat, menurutku ini lebih praktis dan cepat.

Jadi total keseluruhan biaya untuk mutasi dan balik nama kendaraan bermotorku kali ini adalah 174rb + 678rb = 852rb

Lumayaannn,,, dan setelah aku selesai semua ternyata bulan september ada gratis bea balik nama,, huhu sedih donk aku 😭 taaapi yaudalah yaaa, gapapa sudah selesai yang penting ❤️


Diedit: kemarin, 13.29

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengalaman Mutasi dan Ganti Plat dari Samsat Sidoarjo ke Surabaya"

Post a Comment

Harap Komentar Dengan Sopan dan Tidak Mengandung SARA atau SPAM
Untuk pasang Iklan contact stefanikristina@gmail.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel