Tugas Tutorial 1 Manajemen Strategik

Tugas Tutorial 1 Manajemen Strategik 



Soal :

1. Menurut Anda apakah manajemen strategik harus ada pada setiap perusahaan? Apakah dampak dari perusahaan yang melakukan manajemen strategik dan yang tidak melakukan manajemen strategik?

2. Salah satu komponen dalam manajemen strategik adalah visi dan misi. Apakah keterkaitan visi dan misi dengan keberhasilan manajemen strategik? Jelaskan!

3. Indonesia bahkan dunia saat ini sedang menghadapi pandemi virus CORONA (COVID-19) tentu saja terjadi perubahan lingkungan makro. Menurut Anda, apakah perlu melakukan perubahan strategi? Jelaskan dan berikan contohnya!

4. Tahapan identifikasi pokok persoalan merupakan hal penting dalam analisis skenario. Apakah itu berarti bahwa tahapan yang lain tidak penting dalam analisis skenario? Jelaskan!

5. Apakah konstruksi skenario dapat diterapkan pada semua perusahaan atau hanya perusahaan yang sedang mengalami kerusuhan dimasa mendatang? Jelaskan!

Jawaban :

1. Menurut pendapat saya manajemen strategik harus ada pada setiap perusahaan karena dengan adanya praktik manajemen strategik pada perusahaan akan memberikan tekanan pada pentingnya lingkungan bisnis sebagai penentu utama keberhasilan suatu perusahaan.

Dalam pada perusahaan yang melakukan manajemen strategik adalah dapat mencapai tujuan yang diharapkan, membantu manajemen dalam melakukan pilihan bisnis dengan pendekatan logis, rasional, dan sistematis. 

Untuk perusahaan yang tidak menerapkan manajemen strategik maka perusahaan tidak dapat memprediksi lingkungan bisnis dengan baik dan tidak mampu mencapai tujuannya. namun..

Tidak ada jaminan bahwa perusahaan yang menerapkan manajemen strategik akan selalu berhasil mencapai tujuan bisnisnya. Bisnis memang tidak sesederhana dan tidak sama dengan manajemen strategik.

2. Keterkaitan visi dan misi dengan keberhasilan manajemen strategik adalah membangun kinerja perusahaan dan peng-implementasian strategi tersebut, yang pada dasarnya tidak terlepas dari visi-misi perusahaan. Ideologi, nilai, ajaran, dan rancangan bangun masa depan perusahaan.

3. Menurut saya mengenai perubahan strategi karena dampak yang ditimbulkan oleh corona atau covid-19 ini perlu dilakukan. misalnya, dengan adanya PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) tentunya hal ini nantinya akan berdampak pada perekonomian negara dan tentunya pendapatan masyarakat. Dengan adanya kebijakan ini memang dapat membantu pemerintah untuk mengatasi COVID-19, namun disisi lain tentunya akan berdampak pada masyarakat yang kemudian tidak dapat memperoleh pengjasilan. Perlu adanya penyesuaian dalam manajemen atau adaptasi dengan kondisi saat ini. Namun juga perlu adanya pengkajian ulang karena apabila diterapkan maka akan memerlukan banyak biasa dan waktu sosialisasi yang cukup untuk membuat masyarakat sadar dan terbiasa akan kebijakan yang baru (2.6)

4. Tahapan lain tentunya penting dalam analisis skenario. Identifikasi pokok persoalan yang merupakan langkah pertama dinilai merupakan tahap kritis karena menjadi penentu keberhasilan tahapan selanjutnya (3.54)

5. Menurut saya, kontruksi skenario dapat diterapkan pada semua perusahaan, terutama pada perusahaan yang akan terancam masa kesuraman dimasa mendatang. Karena adanya skenario tentunya suatu perusahaan akan mendapatkan gambaran yang tepat mengenai masa depan yang dihadapai yang kemudian tentunya akan berpengaruh dalam pengambilan keputusan.

Terima kasih telah berkungjung ke blogku... Apabila ada jawaban yang salah bisa tinggalkan di kolom komentar. Tulisan ini berdasarkan jawaban saya pribadi dengan melihat modul kuliah dan browsing untuk 1 soal di postingan sebelumnya. jadi semua jawaban murni jawaban saya sendiri.

Terima kasih atas pengertiannya..

SALAM STEFANI, SALAM BUDAYA DAN TEKNOLOGI

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tugas Tutorial 1 Manajemen Strategik "

Post a Comment

Harap Komentar Dengan Sopan dan Tidak Mengandung SARA atau SPAM
Untuk pasang Iklan contact stefanikristina@gmail.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel