Profesi Akuntan





Peluang profesional yang meminta keterampilan auditing dan atestasi dalam beberapa dekade terakhir ini terus meningkat dengan pesat. Hal ini disebabkan oleh semakin globalnya lingkungan bisnis saat ini dan juga semakin berkembangnya teknologi informasi yang mendukung proses binis tersebut. Auditing menawarkan peluang karier yang sangat bagus dalam akuntan publik, industri, dan pemerintahan. Masyarakat pebisnis juga telah mengakui kelebihan pengetahuan dan keterampilan auditor yang menjadikan auditor menjadi begitu tanggap permintaan baik jasa atestasi maupun non-atestasi. 


Profesi Akuntan
sumber: google


  1. Siapakah pihak utama yang membutuhkan peran auditor? Manajemen perusahaan dan pemakai laporan keuangan
  2. Salah satu tujuan IAI pada saat pertama kali didirikan adalah.. Mempertinggi mutu pekerjaan akuntan
  3. Ketidakmantapan peran yang diemban oleh profesi akuntan public yang telah berlangsung sedemikian lama dapat timbul karena kesenjangan-kesenjangan persepsian, yaitu.. Kesenjangan harapan, ragam jasa, intraprofesional, dan ambiguitas peran.
  4. Penyebab munculnya jasa-jasa baru yang diberikan oleh kantor akuntan public adalah.. Permintaan, Kemajuan Teknologi, Intensifikasi regulasi pemerintah
  5. Komponen rantai nilai akuntan, yaitu.. Peristiwa bisnis, pengetahuan, keputusan informasi, data
Pentingnya peranan yang dimainkan oleh para akuntan publik dalam lingkungan sosial mengharuskan para akuntan ini untuk selalu berperilaku pantas dan mampu melaksanakan audit dan jasa lainnya dengan kualitas yang tinggi. Ada beberapa mekanisme yang telah dikembangkan oleh IAI dan organisasi terkait untuk meningkatkan kualitas audit dan perilaku profesional para akuntan publik. Sama halnya dengan profesi-profesi lain, profesi akuntan publik juga menkankan perhatiannya pada mutus jada yang diberikan. Mutu jasa merupakan hal yang penting untuk meyakinkan bahwa profesi telah memenuhi tanggung jawabnya kepada  klien, masyarakat umum, serta pemerintah. Untuk meyakinkan mutu kinerja audit serta jasa-jasa profesional lainnya, profesi telah mengembangkan kerangka kerja.
  1. Mana kah yang merupakan elemen dari pengendalian mutu KAP yang harus dipertimbangkan dalam menerapkan kebijakan dan prosedur pengendalian mutu? Peningkatan-Ya, Inspeksi- Ya, Konsultasi – Ya.
  2. Sebuah kantor KAP mempelajari peningkatan pengalaman personelnya untuk memastikan apakah personel yang ditugaskan telah memenuhi kristeria pada tingkat tanggung jawab yang lebih tinggi. Berikut adalah bukti ketaatan kantor terhadap standar yang ditetapkan tentang.. pengendalian mutu
  3. Sebuah kantor KAP ingin diyakinkan secara memadai apakah telah memenuhi tanggung jawabnya dalam meyediakan jasa sesuai standar professional melalui.. mejaga sikap independen dalam perikatan
  4. Manakah yang menunjukkan keterbatasan yang melekat dari audit laporan keuangan? Auditor diharapkan untuk mengevaluasi estimasi akuntansi yang tidak tepat.
Tujuan IAI ketika IAI ditetapkan pada tanggal 23 Desember 1957 >> Membimbing perkembangan akuntansi serta mempertinggi mutu pendidikan akuntan. Mempertinggi mutu pekerjaan akuntan.
  1. Berikut ini merupakan fungsi IAI yang benar dan telah dilakukan, Kecuali.. menetapkan pendapat atas laporan keuangan dan manajemen
  2. Berikut adalah cara-cara yang digunakan untuk mendorong kualitas audit dan perilaku auditor BENAR yaitu.. Penyusunan standar hokum yang berlaku umum dan interpretasinya.
  3. Kerangka kerja untuk meyakinkan mutu jasa audit yang telah dilakukan oleh organisasi profesi di Indonesia adalah… Pengaturan oleh BAPEPAM-LK dan IDX
  4. Hierarki kepemimpinan dalam kantor Akuntan Publik pada dasarnya adalah sebagai berikut (dari kiri ke kanan menunjukkan tingkatan yang lebih tinggi) .. partner, manajer, supervisor, auditor senior, auditor yunior.
  5. Manakah pernyataan berikut ini benar dalam kaitannya dengan organisasi profesi di Indonesia? IAPI diharapkan dapat memenuhi seluruh persyaratan international federation of accountants (IFAC) sebagaimana tercantum dalam statement of member obligation (SMO)