Manajemen Operasi - Pengertian




Selamat sore, Malam, Pagi, Siang.. Kalau sekarang sih sore kayaknya.. 

Hari ini mau share tentang Manajemen Operasi  - pengertian Manajemen Operasi. Saya harap bisa bermanfaat buat kita semua, ini hanya catatan kecil saya ^^

Apa itu manajemen operasi?
Manajemen Operasi - Stefani Kristina


Dear Saudara Mahasiswa/ Pembaca sekalian...

Di dalam dunia bisnis, siapapun yang melakukan kegiatan yang mempunyai nilai tambah maka akan disebut dengan berproduksi. Sedangkan untuk produksi sendiri pengertiannya adalah Kreasi produk guna memperoleh nilai tambah, atau produksi adalah kegiatan yang memberikan nilai tambah..

APA SAJA NILAI TAMBAH ITU ??

Ada beberapa jenis nilai tambah atau penambahan manfaat..

1. Manfaat Bentuk 
2. Manfaat Tempat
3. Manfaat Waktu
4. Manfaat Kepemilikan

pembahasan ~~~

1. Manfaat Bentuk :

Segala macam penambahan manfaat yang dihasilkan dengan melakukan perubahan bentuk. Misalnya ... Seorang penjahit - Merubah kain menjadi sebuah baju atau pakaian. Seorang Pengrajin - Merubah tanah liat menjadi sebuah guci. ( beras menjadi nasi , tebu menjadi gula, kayu menjadi kursi/ meja, dan sebagainya )

2. Manfaat Tempat :

Suatu produk akan memiliki nilai tambah ketika produk tersebut berpindah tempatnya. Misalnya Harga produk pertanian di perkotaan dengan di daerah pertanian. Dalam kondisi seperti ini dengan memindahkan beras dari daerah pertanian ke daerah perkotaan aka membuat nilai tambah. Secara umum, perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa angkutan adalah berproduksi dengan cara memberikan penambahan manfaat tempat.

3. Manfaat Waktu 

Sebuah produk dengan tempat dan bentuk yang sama akan memiliki nilai tambah yang berbeda yaitu apabila ditambah dengan manfaat waktu. Misalnya, Hasil produk musiman, harga suatu produk pada masa panen dan saat tidak panen, contoh lain adalah perusahaan - perusahaan yang bergerak di bidang jasa penyimpanan (gudang). << kalau teman-teman mengikuti berita bulan lalu, sepertinya e-commerce bukalapak yang meluncur kan bukaemas sepertinya bisa masuk contoh ini >>

4. Manfaat Kepemilikan

Pembelian sertifkasi adalah salah satu contoh manfaat dari kepemilikan. Misalnya, 
Ada yang pernah tahu ketika memasuki sebuah salon atau rumah makan, ada yang di pajang di dinding pigora mereka " SERTIFIKASI " << dengan tulisan huruf kapital atau sejenis. Nah, ini juga bisa merupakan salah satu contoh di tambahkannya manfaat kepemilikan.

Lalu,,


Seperti yang kita ketahui Manajemen adalah Proses dari Perencanaan, Pengorganisasian, Pengarahan, Pengordinasian, dan Pegendalian. 

Secara umum dapat dikatakan bahwa Manajemen Operasi adalah satu set aktivitas untuk memperoleh nilai tambah produk melalui transformasi input menjadi output. 

Input sendiri meliputi : Material, Karyawan, dan Peralatan. yang nantinya akan di konversi menjadi bisa barang, bisa jasa, atau bisa juga keduanya Barang dan Jasa. 

Material atau Bahan adalah Input yag disiapkan untuk menjadi output setelah melalui proses konversi.

Material dan Bahan dibagi menjadi dua yaitu : .. baca juga : Kuliah? Cari Jodoh atau Cari Ilmu?

Material Pokok/ Bahan Baku dan Material Pembantu / Bahan Pembantu / Bahan Penolong.

Selain material dan bahan input lain yang penting adalah karyawan. Karyawan juga dikelompokkan menjadi 4 yaitu ...

1. Ahli dan terlatih
2. Ahli tetapi belum terlatih
3. Tidak ahli tetapi terlatih
4. Tidak ahli dan tidak terlatih

Keahlian dan Keterlatihan sendiri juga berbeda. Seorang yang ahli berarti ia menguasai konsep tertentu dan memiliki sertifikasi pendidikan tinggi, dan apabila seorang karyawan yang terlatih berarti ia adalah orang yang berpengalaman. Misalnya, Seorang ahli sumur berarti ia menguasai konsep-konsep tentang sumur, tapi belum tentu terlatih dan memiliki pengalaman. Namun, kita sering kali menyebutkan orang yang memiliki banyak pengalaman adalah orang yang ahli pada suatu bidang, padahal bukan seperti itu.

Selain material dan karyawan, peralatan juga sangat diperlukan dan bahkan ikut menentukan baik buruknya proses koversi yang dilaksanakan dalam perusahaan. Berhubungan dengan peralatan, teknologi merupakan sistem teknis bekerjanya sebuah peralatan. Dengan sistem teknis yang baik maka proses konversi tentu akan menghasilkan lebih baik juga.


Beberapa contoh bahan baku yang digunakan untuk proses konversi :

1. Tekstil untuk peruahaan garmen atau pakaian jadi
2. Kapas untuk perusahaan benang
3. Cat untuk perusahaan pengecatan mobil
4. Kayu untuk perusahaan mebel dari kayu
5. Semen dan pasir untuk perusahaan tegel
6. tanah liat untuk perusahaan keramik
7. Karet untuk perusahaan ban
8. Tembakau untuk perusahaan rokok
9. kertas untuk perusahaan percetakan.

Terima kasih telah berkunjung ke blog @nifafani, Apabila ada request atau pertanyaan bisa langsung via email putricristiani@gmail.com. Buat yang mau kenalan atau kepo sama penulisnya bisa langsung aja FOLLOW instagram di @stefanikristina.