Pembahasan Soal Agama Islam Kelas 9 Halaman 89-90

Selamat malam dan selamat hari minggu. Sebelumnya terima kasih telah berkunjung ke blog @NifaFani. Terima kasih juga bagi Anda yang telah memberikan respons yang positif untuk blog ini.

find me on instagram @nifafani


Para pembaca sekalian bila di izinkan saya untuk bercurhat dan berbagi kisah hidup. Jujur saya ingin anggapan Anda atas blog ini adalah positif. Mengapa? Karena mati dan hidup saya adalah dari pada pembaca. Bila tidak ada pembaca mungkin hidup saya akan kesepian dan pasti sudah tentu tidak akan ada kebahagian dalam hidup saya.

Bila di dunia nyata saya sudah tak memiliki kenyamanan setidaknya di dunia maya saya berharap saya memiliki kenyamanan dan dapat bersama-sama dengan Anda terus menerus. Mungkin hal ini terkesan mustahil namun saya masih selalu berharap. Ahh sudah lah saya terlalu banyak ngelantur. Terima kasih telah membaca postingan saya pada kali ini.

Mari kita bahas bersama halaman 89-90

1. Ayat Alquran yang berisi perintah berkurban adalah ....

a. QS. al-Kausar/108:1-3 
b. QS. an-Nasr/110:1-3 
c. QS. al-Kafirun/109:103
d. QS.al-Lahab/111:1-3

2. Secara bahasa akikah berarti ....

a. dekat 
b. bahagia 
c. memutus atau melubangi
d. menahan

3. Pelaksanaan akikah sebaiknya pada hari ke- ... dari kelahiran anak.

a. 7 
b. 9 
c. 11
d. 15

4. Berikut ini yang bukan merupakan ketentuan seorang penyembelih adalah ....

a. beragama Islam 
b. menyembelih dengan sengaja
c. berusia minimal 20 tahun
d. membaca basmalah

5. Hukum melaksanakan akikah dan kurban adalah ....

a. fardhu ‘ain 
b. fardhu kifayah 
c. sunah muakad
d. sunah

6. Seorang yang berkurban boleh memakan daging kurban maksimal ...

a. 1/2 
b. 1/3 
c. 1/4
d. 1/5

7. Waktu penyembelihan kurban adalah tanggal ....

a. 10-13 Zulhijjah 
b. 10-12 Zulhijjah 
c. 11-14 Zulhijjah
d. 12-15 Zulhijjah

8. Ketentuan kurban yang benar adalah ....

a. 1 ekor kambing untuk 1 orang
b. 2 ekor kambing untuk 1 orang
c. 1 ekor sapi untuk 8 orang
d. 1 ekor sapi untuk 9 orang

9. Alat penyembelih yang diperbolehkan adalah alat yang terbuat dari ....

a. tulang 
b. kuku 
c. gigi
d. besi

10. Umur minimal hewan kurban kambing adalah....

NB : DIJUAL NOVEL MURAH HARGA DI BAWAH 20K DAN DI BAWAH 5K

a. 1 tahun 
b. 2 tahun 
c. 3 tahun
d. 4 tahun

B. Jawablah pertanyaan-pertayaan berikut ini !

1. Jelaskan tata cara penyembelihan hewan!

Jawaban : 

Tata cara penyembelihan hewan :
a. Penyembelihan dilakukan pada urat leher sampai terputus saluran makanan, pernapasan, dan dua urat lehernya.
b. Pada waktu menyembelih hewan, orang yang menyembelih harus memastikan bahwa ia sudah memotong/memutuskan bagianbagian

berikut:

1) tenggorokan (saluran pernafasan).
2) saluran makanan.
3) dua urat leher yang ada di sekitar tenggorokan.

Bila ketiga bagian tersebut sudah putus, maka penyembelihan menjadi sah.

2. Sebutkan ketentuan seorang penyembelih!

Jawaban : Ketentuan seorang penyembelih adalah Islam, menyembelih dengan sengaja, baligh dan berakal,membaca basmalah.

3. Bagaimana ketentuan pembagian daging kurban?

Jawaban : Sama dengan nomor 4

4. Apakah perbedaan ketentuan pembagian daging akikah dan daging kurban?

Jawaban : Perbedaan ketentuan pembagian daging akikah dan daging kurban.

Akikah : pembagian untuk akikah diberikan dalam kondisi yang sudah dimasak.  Orang tua anak boleh memakannya, menghadiahkan sebagian dagingnya kepada sahabat-sahabatnya, dan mensedekahkan sebagian lagi kepada kaum muslimin. Boleh juga mengundang kerabat dan tetangga untuk menyantapnya, serta boleh juga disedekahkan semuanya.

Kurban : ketentuan pembagian daging kurban adalah daging kurban dibagi kepada fakir dan miskin dalam keadaan masih mentah, belum dimasak. Apabila orang yang berkurban (sahibul kurban) menghendaki, dia boleh mengambil daging kurban itu maksimal 1/3.

5. Sebutkan hikmah pelaksanaan kurban!

Jawaban : Hikmah pelaksanaan kurban

a. Menghidupkan sunnah para Nabi terdahulu, khususnya sunnah Nabi Ibrahim a.s.
b. Untuk mendekatkan diri atau taqarrub kepada Allah Swt.
c. Menghidupkan makna takbir di Hari Raya Idul Adha, dari tanggal 10 hingga 13 zulhijjah.
d. Kurban mengajarkan kepada kita untuk bersikap dermawan, tidak rakus dan tidak kikir.
e. Kurban mendidik kita untuk peduli kepada sesama.
f. Mendidik kita untuk membunuh sifat kebinatangan. Diantara sifat-sifat kebinatangan yang harus kita musnahkan adalah tamak, rakus, sikap ingin menang sendiri, sewenang-wenang kepada orang lain.

Terima kasih telah berkunjung ke blog @NifaFani. Mohon maaf bilamana ada salah kata dan perbuatan. Saya harap Anda dapat merespons positif setiap apa yang posting. Saya harap juga tidak akan ada hal-hal yang kurang berkenan di hati Anda sekalian. Namun bilamana ada, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Beberapa jawaban diatas saya ambil dari sumber buku pegangan guru yang mana Anda dapat mengunduhnya secara pribadi dan juga beberapa kawan serta relasi.

Untuk yang kepo mengenai sumber jawaban ini bisa kontak saya via email dan akan saya perkenalkan langsung dengan beberapa teman saya. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih pada orang-orang yang telah membantu dalam keberlangsungan blog ini.

Terima kasih telah berkunjung dan nantikan postingan saya yang selanjutnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pembahasan Soal Agama Islam Kelas 9 Halaman 89-90"

Post a Comment

Harap Komentar Dengan Sopan dan Tidak Mengandung SARA atau SPAM
Untuk pasang Iklan contact stefanikristina@gmail.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel