Cerita Pengalaman Ngurus SIM 2018 Tanpa Calo di Surabaya






Cerita Pengalaman Ngurus SIM Tanpa Calo di Surabaya

Cerita Pengalaman Ngurus SIM Tanpa Calo di Surabaya
pengalaman ngurus SIM

Halloo.. Kali ini saya ingin berbagi pengalaman gimana sih caranya ngurus SIM di Surabaya tapi nggak pake Calo 🙅.. Lalu apa saja prosesnya dan bagaimana alurnya atau proses yang harus dilalui dan yang terakhir adalah berapa biayanya..

Nah kali ini mulai dari pengalaman pertama ya,,

Waktu itu saya berniat untuk mengurus SIM C dengan adik. Rupanya tempatnya sudah berupa sejak terakhir kali saya datang. Banyak perubahan. Tapi nggak ingin saya bahas disini. Yang ingin saya ceritakan pertama, kalian bakalan antre didepan portal (kalau datangnya lebih awal yaa, waktu itu hari sabtu dan saya datang sekitar pukul 8 pagi) Antre didepan portal sampai di izinkan masuk sesuai jamnya. Waktu itu katanya jam 08.30 mau dibuka portalnya, tapi sampai pukul 09.00 kira-kira kita nungguin tuh.

Oh ya sebelum kamu masuk kamu musti siapin KTP asli dan juga surat keterangan kesehatan yaa.. Surat Keterangan Sehat ini bisa kamu dapatkan dengan membayar 30rb di Pos atau Tempat yang telah disediakan atau bisa juga kamu membawanya dari Puskesmas atau Rumah Sakit, saya kalau nggak salah lihat ada yang membawa sendiri dari Puskesmas jadi nggak semua harus langsung di depan tempat mengurus SIM.

Cerita Pengalaman Ngurus SIM Tanpa Calo di Surabaya
Portal Pertama


Nahh ini Portal Pertama yang saya ceritakan. Banyak orang yang mengantre dan rela berdesak desakan tanpa melihat cowok atau cewek, jadi uda kayak kalap gitu mana panas banget tahu. Mau nggak mau kita antre lalu lari masuk ke dalam untuk mengambil nomor urut antrean dan formulir untuk mengurus SIM.

( Jujur kesel sih, tapi ya angap aja nggak ada yang mudah yaa genggg, jadi Warga Negara yang baik aja )

Setelah kalian lari dan masuk ambil no urut serta formulir, jangan lupa untuk diisi yaaa.. Setelah di isi kalian tunggu deh panggilan dari dalam biasanya cepet kok. Kalau sudah masuk data kalian, pasti selanjutnya kalian bakalan di suruh masuk ke ruang foto. Di ruang foto ini nggak cuma satu ada dua lhoo petugasnya, tapi ada beberapa dan termasuk cepat pelayanannya kalau sudah sampai disini. 

note : nggak ada biaya biaya yaa gengg termasuk ambil formulirnya ga ada biaya.

LANJUTTT...

Setelah foto kalian bakalan disuruh untuk masuk ruangan ujian Teori, jangan lupa untuk daftar dulu di petugas yang jaga di depan pintu sebelum kalian masuk, kalau sudah tunggu deh sampai nama kalian dipanggil sama Petugasnya. Sebelumnya kalian bakalan nunggu dulu sih diruang tunggu beberapa saat gitu sambil nonton video yang sudah disediain biar kalian nggak kagok gitu pas didalem, karena saat ujian nggak bakalan di jelasin kalian harus gimana gimana, ya tinggal pilih bangku yang kosong, masukan nomor kalian dan kerjain deh soalnya.

Waktu itu saya dapat nilai pass dan syukur saya lulus hihi. Jadi lanjut donk untuk ujian praktek.

Intinya kalian ikuti alurnya aja sih, nggak bakalan kesesat kok tenang aja ^^. Alon alon ae asal kelakon yaa guys...

Setelah sampai di tempat Ujian Praktek, kalian jangan lupa untuk perhatikan petugasnya yang bakalan kasih contoh gimana ngejalani Ujian Prakteknya yaa biar nggak salah-salah. Dari sini kalau kalian lulus ya kalian bakalan langsung ke ngurus SIM tapi kalau kalian nggak lulus yaa sabar yaa ngulang sesuai waktu yang disarankan.

Lanjut ketika lulus, kan dapat stempel lulus tuh, kalian cari deh Loket 5 untuk mengambil berkas dan melakukan pembayaran di BRI. Nggak harus punya rekening BRI kok, tinggal siapkan aja duitnya. Estimasi kalau SIM C kalian siapkan uang 150rb kalau SIM A kalian siapkan uang 170rb. Ini sudah termasuk untuk mengurus Surat Kesehatan yang 30rb yaaa..

Tapi berapa biaya ngurus SIM nyaa??

Untuk SIM C yang saya urus biayanya 130rb >> 100rb untuk pembuatan SIM dan 30rb untuk Surat Keterangan Sehatnya.

MURAHHH KANNN???

Yukk segera ngurus yaa gaessss kalau kalian sudah cukup umur dan memang bisa mengendarai kendaraan roda dua maupun empat.. Jadi warga negara yang baik yaaa ^^

Kalau kalian pingin tahu kisah orang-orang yang ngurus SIM dengan calo, bakalan saya share dipostingan yang selanjutnya yaa guys karena postingan ini saya ingin berbagi pengalaman saya dulu, nanti saya berbagi cerita lagi dari cerita yang saya dapatkan karena meski banyak slogan tanpa calo atau bebas calo atau mungkin tidak boleh pengantar masuk, tapi praktik praktik masih ada kok genggg ^^..


Sekian dahulu postingan dari saya, Mohon maaf apabila ada salah kata dan perbuatan.