Berbeda-beda Tapi Tetap Satu Happy Chinese New Year!





Berbeda-beda Tapi Tetap Satu 
Happy Chinese New Year!



Sebelum panjang kali lebar buat nulis postingan ini dan maafkan kalau ini termasuk terlambat juga ngucapinnya. Saya ingin mengucapkan.. Selamat Tahun Baru Cina ^^ Happy Chinese New Year from us 💌💌.

Kali ini saya ingin cerita tentang suatu identitas. Pernah saya bertanya pada orang tua. Sebenarnya saya ini orang apa? Papa ada keturunan cina, mama jawa, tapi wajah saya jawa banget, kalau adik saya yang cowok kayak cina, adik saya satunya kayak cina, lha yang satu seperti saya jawa banget. Karena wajah kami yang berbeda dan lingkungan sosial kami juga nggak sama, saya jadi bingung dengan identitas saya, ini yang bener cina atau jawa (?)

Sempat punya seorang mantan dan dia bilang saya bukan orang cina, sampai ada murid yang memanggil saya cece dia pun tertawa ngakak, pernah deket sama someone dan dia bilang saya termasuk cina. Akhirnya setelah berperang dengan diri sendiri dan berusaha mencari jati diri saya putuskan kembali ke kata orang tuaku. " SAYA INDONESIA ".

Dari lahir sampai dewasa ini saya masih tinggal di Indonesia, sekolah dibiayai oleh Negara, teman-teman saya juga orang Indonesia juga. Jadi setelah saya pikir-pikir apalah arti status ini.. Lebih baik melebur saja tapi juga bukan berarti saya melupakan nenek moyang ^^.

Ketika di tanah rantau saya bertemu dengan orang-orang yang memiliki latar belakang luar biasa. Ketemu juga orang-orang yang anti dengan ' Cina ' tapi pakai barang made in ' china ' wkwk. Ngakak geli sumpah kalau tahu orang-orang yang anti Cina itu gembar gembor tapi ujung-ujungnya barang yang di pakai toh Cina juga. * upss maaf kelewatan. Nggak bermaksud yaa.

Lanjut,, setelah aku bertemu dengan banyak orang yang berbeda-beda.. Akhirnya saya sadar bahwa meski kita berbeda-beda tapi kita tetap satu yaitu INDONESIA. Ingetkan Bhineka Tunggal Ika? Yapp begitulah ^^

Ini salah satu foto saya bersama mereka yang memiliki beragam warna warni kehidupan. Meskipun mereka memakan baju Cheongsam dan ikut merayakan Imlek, tapi mereka bukan orang Cina. Disinilah akhirnya saya makin sadar bahwa berbeda-beda itu indah. 

Berbeda-beda Tapi Tetap Satu Happy Chinese New Year!
Add caption


Apabila kamu tidak suka dengan satu orang sih nggak masalah, tapi bukan berarti bisa menyamaratakan bahwa semua orang itu sama. Nggak semua orang cina itu seperti yang di pikiran kebanyakan orang. Tapi meski banyak yang kontra saya percaya banyak juga orang yang toleran dan masih menjunjug tinggi Bhineka Tunggal Ika.

Ketika beranjak semakin dewasa saya sadar memang identitas perlu, status juga perlu, tapi yang utama adalah kita tahu dimana kita berada, sedang bersama siapa, dalam lingkungan apa dan yang utama.. toleransi.

Nggak masalah berbeda-beda. Punya banyak teman malah bagus karena kamu nggak berhenti disatu titik saja. Tapi kamu bisa jadi cahaya dimanapun kamu berada. Membawa diri juga penting karena akan menunjukkan siapa dirimu yang sebenarnya dan orang lain belum tentu akan menilai lalu menautkan dengan hal-hal yang lain.

Inti dari tulisan ini.. saya cuma ingin bilang berbeda itu indah. Cari teman sebanyak-banyaknya, jangan buat permusuhan, mau kamu cina mau kamu jawa mau kamu orang papua selama kalian lahir dan menetap kemudian punya KTP Indonesia, yauda kalian adalah orang-orang Indonesia ^^.

Saya Indonesia, dan Saya Bangga Menjadi Orang Indonesia.

NB : Buat yang mau follow instagram bisa follow di @stefanikristina